Zainudin Amali Resmi Jadi Menpora, Ini 5 Fakta Menariknya

Reynaldi Hermawan ยท Rabu, 23 Oktober 2019 - 16:48 WIB
Zainudin Amali Resmi Jadi Menpora, Ini 5 Fakta Menariknya

Zainudin Amali (Foto: ANTARA/Puspa Perwitasari)

JAKARTA, iNews.id – Politisi Partai Golkar Zainudin Amali resmi ditunjuk Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) dalam Kabinet Indonesia Maju 2019-2024. Pengumuman itu disampaikan di Istana Merdeka, Rabu (23/10/2019) pagi.

Nama Zainudin tentu asing di dunia olahraga mengingat sebelumnya dirinya lebih dikenal sebagai politikus dan pengusaha. Meski demikian, Jokowi tetap berharap pria kelahiran Gorontalo itu bisa membenahi persoalan di dunia olahraga khususnya sepak bola.

Zainudin kini resmi menggantikan peran yang ditinggalkan Menpora sebelumnya Imam Nahrawi. Ini pertama kalinya kursi Kemenpora diduduki pria yang tidak berkumis sejak 15 tahun terakhir.

Sejarah mencatat, empat Menpora sebelumnya selalu memiliki kumis yakni Adhyaksa Dault, Andi Mallarangeng, Roy Suryo dan terakhir Imam.

Namun bukan hanya itu fakta menarik dari Zainudin, berikut data selangkapnya yang sudah dihimpun iNews.id
 
1. Latar Pendidikan

Dia pertama kali mengenyam bangku sekolahan di SD Negeri Buhu, Gorontalo. Namun setelahnya, Zainudin menimba ilmu di Manado tepatnya di SMPN 1 Manado dan SMAN 4 Manado.

Kemudian dia melanjutkan pendidikannya di Jakarta yakni Akademi Perbankan dan Akutansi, STIE Swadaya, Universitas Prof. Dr. Moestopo, Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN).

2. Politikus

Suami dari Nadiah itu memulai karier politiknya bersama Partai Golkar. Di partai berlogo pohon beringin itu dia sempat mencicipi berbagai jabatan seperti Wakil Sekretaris BIK Partai Golkar pada 2002-2004.

Selain itu, Zainudin juga pernah menjabat sebagai Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Golkar pada 2014-2015, sebelum akhirnya dia menduduki posisi sebagai Ketua DPP Golkar.

3. Pengusaha

Zainudin juga terkenal sebagai pengusaha. Dia menjadi Direktur Direktur PT Makmur Triagun, Komisaris PT Wirabuana Dwi Jaya Persada, Komisaris PT Gitrana Sendiko, Direktur PT Putra Mas, dan Direktur PT Surya Terang Agung.

4. Anggota DPR

Zainudin terpilih sebagai anggota DPR sebanyak empat kali. Pria 57 tahun itu terpilih pertama kali menjadi anggota Dewan mewakili Provinsi Gorontalo periode 2004-2009 serta 3 kali mewakili Provinsi Jawa Timur pada periode 2009-2014, periode 2014-2019, dan periode 2019-2024.

5. Dapat Tugas Khusus Presiden

Presiden Jokowi menekankan kepada Menpora untuk membenahi dunia olahraga khususnya sepak bola. Dia diharapkan memberi konsistensi dalam hal prestasi dari Timnas Indonesia U-16 hingga senior.

“Presiden sangat beri perhatian dengan sepak bola. Karena Indonesia punya 260 juta jiwa penduduk tapi tidak bisa temukan tim sepak bola yang bagus. Itu yang saya akan bicarakan,” kata Zainudin.


Editor : Abdul Haris