Beda Cerita Jika Dulu Barcelona Pinjamkan Lionel Messi ke Getafe

Arif Budiwinarto ยท Jumat, 22 Mei 2020 - 00:15 WIB
Beda Cerita Jika Dulu Barcelona Pinjamkan Lionel Messi ke Getafe

Lionel Messi dan Pep Guardiola saat memperkuat Barcelona pada 2008 (foto: Marca)

GETAFE, iNews.id - Presiden Getafe, Angel Torres, membuat pengakuan mengejutkan. Dia menyebut di masa lalu klubnya hampir saja mendapatkan Lionel Messi dan Pep Guardiola.

Messi merupakan produk akademi sepak bola La Masia milik Barcelona. Dia melakoni debut di tim senior Los Blaugrana pada 2004 di usia 17 tahun.

Perlahan, pemain berkaki kidal itu menjelma jadi bagian penting sukses Barca baik di level domestik maupun internasional. 16 musim berseragam Blaugrana, Messi mempersembahkan 34 gelar juara.

Selain itu, pemain berjuluk La Pulga juga memecahkan rekor gol terbanyak Barca dengan torehan 627 gol dari 718 penampilan di semua ajang.

Karier Messi bisa saja berbeda jika pada 2004 Barca mau meminjamkannya ke Getafe. Pada saat itu, Presiden Getafe, Angel Torres, mengutarakan keinginannya merekrut Messi kepada Presiden Barca, Joan Laporta.

"Saat itu Messi baru menjalani tahun pertama atau kedua di tim utama (Barcelona), kami hampir saja mendatangkannya ke Getafe sebagai pemain pinjaman," ungkap Torres.

Namun, keinginan Getafe tak kesampaian. Saat itu, pelatih Frank Rijkaard menolak rencana tersebut.

"Pada akhirnya, Frank Rijkaard tidak setuju dan kami cuma bisa berangan-angan saja," lanjutnya.

Lebih lanjut, Torres juga mengungkap Joan Laporta sempat terpikir untuk menukar Pep Guardiola dengan pelatih Getafe saat itu, Michael Laudrup. Alasannya, Laporta kurang yakin Guardiola bisa jadi penerus Rijkarrd di kursi pelatih.

"Suatu haru, (Direktur Olahraga Barcelona) Txiki (Begiristain) hadir di acara pengundian kejuaraan Eropa di Swiss dan muncul ide menukar Michael Laudrup dengan Pep Guardiola."

"Awalnaya, karena Laporta tidak teryakinan sama sekali oleh Pep (Guardiola)," ucapnya.

Pada akhirnya, Laporta 'terpaksa' memberi kepercayaan pada Pep Guardiola sebagai pelatih Barcelona pada 2008. Pria Spanyol membuktikan diri dengan menghadirkan 14 trofi sampai 2012.

Editor : Arif Budiwinarto