Dapat Bocoran Jadwal Liga 1 2020, Madura United Bergerak Cepat Siapkan Tim

Abdul Haris ยท Selasa, 23 Juni 2020 - 20:53 WIB
Dapat Bocoran Jadwal Liga 1 2020, Madura United Bergerak Cepat Siapkan Tim

Pelatih Madura United Rahmad Darmawan. (Foto: Media LIB)

PAMEKASAN, iNews.id – Manajer Pelatih Madura United Rahmad Darmawan (RD) bergerak cepat menyusun jadwal latihan tim setelah mendapat bocoran jadwal lanjutan Liga 1 2020.

PSSI telah resmi menyatakan Liga 1 musim ini akan dilanjutkan pada September atau Oktober mendatang setelah menggelar rapat darurat dengan Komite Eksekutif (Exco), Rabu (17/6/2020).

Kemudian, RD mendapat info dari Direktur Madura United Haruna Soemitro yang sekaligus menjabat sebagai Exco PSSI, tentang jadwal spesifik kapan Liga 1 2020 dilanjutkan.

“Yang pertama, Pak Haruna memberikan kepada saya beberapa alternatif opsi untuk kompetisi lanjut. Ada di jadwal itu 18 September, yang satunya antara 1 Oktober,” tuturnya dikutip situs resmi klub, Selasa (23/6/2020).

Dengan begitu, RD bisa pasang kuda-kuda kapan dia harus mengumpulkan para pemainnya untuk memulai latihan. Dia mempertimbangkan Agustus sudah mulai mengumpulkan kembali Greg Nwokolo dan kolega, dengan asumsi mempersiapkan tim dalam lima hingga enam pekan sebelum liga bergulir lagi.

Namun, PT Liga Indonesia Baru (LIB) dikabarkan lebih condong untuk menggelar kompetisi lagi pada Oktober ketimbang September. Maka, RD pun berniat mengumpulkan anak asuhnya sekitar tanggal 19 Agustus.

“Dari situ kami mengalkulasi, yang pasti dengan kebutuhan-kebutuhan kondisi fisik, kebutuhan tes kesehatan, dan protokol kesehatan yang harus kami lakukan. Paling tidak kami butuh waktu lima hingga enam minggu sebelum kompetisi kembali dimulai,” tutur RD.

“Kalau kompetisi mulainya 1 Oktober, maka bisa dilakukan setelah 17 Agustus, bisa tanggal 19 Agustus. Tapi, kalau mengejar yang enam minggu, maka maju sedikit,” ujarnya lagi.

Madura United perlu bergerak cepat merespons lanjutan liga. Menurut RD ini tak lepas dari berbagai protokol kesehatan yang harus dilakukan di masa pandemi Covid-19.

“Maka, saya rancang waktu itu dengan asumsi terdapat pertimbangan medis yang harus dilakukan tim kami. Iya, ada beberapa item yang harus kami buat, banyak sudah. Saya baca-baca soal protokol latihan dan pertandingan,” kata RD.

Editor : Abdul Haris