Liga 1 2020 Dilanjutkan, Persebaya Pertanyakan 5 Poin Ini

Abdul Haris ยท Sabtu, 20 Juni 2020 - 06:30:00 WIB
Liga 1 2020 Dilanjutkan, Persebaya Pertanyakan 5 Poin Ini
Persebaya Surabaya menghormati keputusan PSSI melanjutkan Liga 1 2020. (Foto: Persebaya)

SURABAYA, iNews.id Persebaya Surabaya merespons keputusan PSSI untuk melanjutkan Liga 1 2020 di tengah pandemi Covid-19. Dalam keputusan tersebut, kompetisi akan dilanjutkan pada September atau Oktober mendatang.

Dalam hal ini, tim kebanggaan masyarakat Surabaya itu menghormati segala keputusan yang dibuat. Namun, ada lima poin yang disampaikan Persebaya agar keputusan tersebut tidak dibuat secara gegabah dan menghasilkan risiko-risiko, baik jangka pendek maupun jangka panjang.

Pertama, soal kesehatan dan keselamatan. Menurut tim berjuluk Bajul Ijo itu, pandemi Covid-19 ini masih belum bisa diprediksi kapan akan berakhir. Masih ada kemungkinan cukup besar situasi memburuk dalam pekan-pekan, atau bulan-bulan kemudian.

Menurut manajemen Persebaya, ke depannya masih ada peluang diberlakukannya kembali PSBB atau bahkan lockdown lebih ketat. Selain itu, situasi setiap daerah, kota maupun provinsi, juga bisa berbeda-beda yang menimbulkan semakin banyaknya variabel ketidakpastian.

“Pertanyaan-pertanyaan kami: Apa yang terjadi apabila ada pemain dan personel tim yang terinfeksi Covid-19? Apalagi apabila lebih dari satu pemain atau personel tim? Tentu akan berdampak pada tim secara keseluruhan,” tutur Presiden Persebaya Azrul Ananda di situs resmi klub, Jumat (19/6/2020).

“Lebih jauh lagi, apakah kondisi fasilitas kesehatan, khususnya rumah sakit, mampu menghadapinya. Dan itu berpotensi menambah beban petugas kesehatan, yang sekarang saja sudah dalam kondisi sangat berkesusahan,” ujarnya.


Editor : Abdul Haris