Gantikan Ratu Tisha, Yunus Nusi Paparkan Tugas-Tugas Sekjen PSSI

Bagusthira Evan Pratama ยท Kamis, 23 April 2020 - 18:03:00 WIB
Gantikan Ratu Tisha, Yunus Nusi Paparkan Tugas-Tugas Sekjen PSSI
Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (Foto: Ist)

JAKARTA, iNews.id - Pelaksana tugas (Plt) Sekjen PSSI, Yunus Nusi siap memulai tantangan baru. Pria kelahiran Gorontalo, 30 Januari 1970 tersebut akan bekerja maksimal dengan mengikuti arahan Mochamad Iriawan selaku ketua umum.

Yunus mulai bekerja sejak Senin (20/4/2020) lalu. Dia menggantikan peran Ratu Tisha Destria yang mengundurkan diri.

"Insya Allah amanah ini akan saya jalankan. Pekerjaaan ini tidak terlalu berat, yang berat tanggung jawabnya," kata Yunus dalam rilis PSSI.

Pria yang juga anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI tersebut memaparkan sejumlah tugas sekjen. Menurutnya, sekjen harus lebih aktif untuk mengurusi masalah-masalah yang ada di internal PSSI.

"Pertama pembenahan dan penyempurnaan administrasi kesekjenan. Ini menjadi fokus kita. Mudah-mudahan ke depan, hal-hal yang menyangkut administratif, yang memang menjadi tugas utama sekjen. Itu yang akan kami benahi serta pengendalian struktur dan staf di kesekjenan PSSI," ucapnya.

"Tugas-tugas eksternal atau tugas keluar itu tugas utama Ketum PSSI dan beliau sudah mengarahkan saya demikian. Jadi di PSSI, tugas dan fungsi kesekjenan lebih kepada penyelesaian tugas-tugas administrasi kesekjenan yang ada di internal PSSI. Bertemu Presiden, Menteri, AFC, FIFA, dan lain-lain, sekjen itu hanya mendampingi Ketum dan Exco," tuturnya.

"Tugas-tugas sekjen juga melaksanakan apa yang menjadi keputusan Exco dan arahan Ketum PSSI. Jadi sebenarnya tugas dan fungsi utama Sekjen PSSI berada di dalam pengendalian admistrasi kesekjenan di internal. Dan mensirkuler semua urusan-urusan administrasi dan tentu melakukan komunikasi internal. Itu pun sebatas adminitrasi dengan anggota PSSI seperti klub Liga 1, Liga 2, Liga 3, Asprov, Asosiasi sepak bola, serta organisasi yang berafiliasi dengan PSSI," ujarnya lebih lanjut.

Yunus sudah dibekali dengan pengalaman yang segudang. Selain menjadi Exco, dia juga pernah menjabat sebagai Ketua Asprov PSSI Kalimantan Timur pada 2013. Yunus juga sempat menjadi Direktur Bisnis Persisam Samarinda dari 2009 hingga 2014.

Pada bidang olahraga lainnya, Yunus juga pernah menjadi Sekretaris Umum Taekwondo Indonesia Kaltim tahun 2001-2009. Dia juga berada dalam jajaran pengurus KONI Kaltim tahun 2006-2014, dan Sekretaris Bidang Pertandingan PB PON Kaltim 2008.

Editor : Bagusthira Evan Pratama

Bagikan Artikel: