Ini Alasan Australia Tidak Ikut Piala AFF, Padahal Jadi Anggota AFF sejak 2013

Rilo Pambudi · Senin, 08 Agustus 2022 - 21:54:00 WIB
Ini Alasan Australia Tidak Ikut Piala AFF, Padahal Jadi Anggota AFF sejak 2013
Alasan Australia Tidak Ikut Piala AFF. Timnas Australia lolos ke Piala Dunia 2022. Tim berjuluk Socceross itu menang adu penalti 5-4 atas Peru pada laga Playoff Kualifikasi Antarbenua (Foto: REUTERS/Mohammed Dabbous)

JAKARTA, iNews.id - Alasan Australia tidak ikut Piala AFF level senior menarik untuk diulas. Padahal, negara paling superior di Oceania itu juga merupakan anggota Konfederasi Sepak Bola Asia Tenggara (AFF).

Timnas Australia tak bisa langsung lolos langsung ke fase grup Piala AFF 2022. Padahal, Timnas Australia sempat diisukan berpotensi menggantikan Timnas Indonesia di ajang Piala AFF senior jika Tim Garuda jadi hengkang dari AFF.

Sebagaimana diketahui. Timnas Indonesia sempat dikabarkan ingin angkat kaki dari AFF. Namun, jika Australia ingin ambil bagian di Piala AFF, skuad asuhan Graham Arnold tak serta merta lolos ke putaran final yang biasanya diikuti 10 tim. 

Lantas, apa penyebabnya Australia tidak bisa begitu saja ikut Piala AFF? Berikut ini adalah ulasannya.

Alasan Australia Tidak Ikut Piala AFF

Dilansir iNews.id dari Okezone, Senin (8/8/2022), Australia memang tergabung sebagai anggota AFF sejak tahun 2013. Meski demikian, Australia nyatanya tidak pernah ambil bagian di Piala AFF senior hingga saat ini.

Federasi Sepakbola Australia (FA) sejauh ini hanya ikut serta di turnamen kelompok umur yang di AFF. Antara lain seperti kelompok U-16 dan U-19. 

Australia sebenarnya tercatat sebagai tim tersukses di Piala AFF U-19 dengan koleksi lima gelar juara. Namun lantaran belum pernah mentas di Piala AFF senior, performa Australia di ajang ini otomatis masih nol. 

Di saat yang sama, Federasi Sepakbola Asia Tenggara menjadikan performa di edisi terakhir sebagai tolok ukur untuk menentukan tim yang lolos otomatis ke Piala AFF, 

Sebagai contoh adalah  Piala AFF 2020, yakni di mana Timor Leste tercatat sebagai tim dengan raihan terburuk di Piala AFF 2018. Timor Leste harus menjalani playoff kontra Brunei Darussalam demi memperebutkan satu slot tersisa tampil di Piala AFF 2020.

Editor : Komaruddin Bagja

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:








Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda