Timnas Dipastikan Tetap di AFF, EAFF Beri Ancaman AFF jika Indonesia Keluar dari Konfederasi Sepak Bola Asia Tenggara

Rilo Pambudi ยท Senin, 08 Agustus 2022 - 21:46:00 WIB
Timnas Dipastikan Tetap di AFF, EAFF Beri Ancaman AFF jika Indonesia Keluar dari Konfederasi Sepak Bola Asia Tenggara
Kerugian AFF apabila Timnas Indonesia Jadi Hijrah ke EAFF (Foto: PSSI)

JAKARTA, iNews.id - EAFF beri ancaman AFF jika Indonesia keluar dari Federasi Sepak Bola Asia Tenggara. Namun, untungnya Timnas Indonesia saat ini dipastikan akan tetap bertahan di AFF.

Ketua Umum Federasi Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI), Mochamad Iriawan, telah memastikan bahwa Timnas Indonesia tetap akan menjadi anggota AFF.

Dengan demikian, isu kencang yang menyebut Timnas punya rencana gabung Konfederasi Sepakbola Asia Timur atau EAFF, akhirnya terbantahkan. Seperti diketahui, wacana Timnas Indonesia keluar dari AFF sempat memanas beberapa waktu lalu. 

Hal itu lantaran adanya dugaan sepakbola gajah yang diperagakan Timnas Vietnam U-19 dan Timnas Thailand U-19 di Piala AFF U-19 2022 hingga membuat Indonesia tidak lolos fase grup.

Setelah berbalas surat protes ke AFF  Mochamad Iriawan atau Iwan Bule telah menerima keputusan dari AFF. Komisi Disiplin (Komdis) AFF dan perwakilan AFC telah memutuskan bahwa pertandingan antara Timnas Vietnam U-19 dan Timnas Thailand U-19 dinyatakan fair play.

Oleh karena itu, Iwan Bule memastikan PSSI tetap akan menjadi anggota AFF. Terlebih, Indonesia merupakan negara Asia Tenggara dengan peminat sepak bola yang besar.

"Tentunya kita tetap saja (bertahan) di AFF, karena memang kita di kawasan ASEAN (Asia Tenggara)," jelas Mochamad Iriawan.

"Jadi, kita ganti saja (isunya), kita balas Vietnam dan Thailand seperti sekarang kita bisa menang (atas Vietnam U-16)," tegasnya dikutip iNews.id dari Okezone, Senin (8/8/2022).

Kerugian AFF apabila Timnas Indonesia Jadi Hijrah ke EAFF

AFF tentu akan dalam ancaman EAFF jika benar Timnas Indonesia jadi angkat kaki dari Federasi Sepak Bola Asia Tenggara. Penyelenggaraan AFF pasti akan terkena imbasnya jika EAFF membuka diri untuk Indonesia. Berikut ini adalah kerugian AFF sekaligus jika Timnas hengkang ke EAFF.

1. Pamor Piala AFF Merosot

Kerugian yang pertama mungkin akan dirasakan oleh federasi jika Timnas mundur dari AFF. Pamor Piala AFF sebagai ajang kompetisi di Asia Tenggara bisa jadi akan merosot drastis jika Timnas Indonesia tidak ikut serta. 

Pasalnya, Indonesia bisa dikatakan sebagai pasar terbesar untuk Piala AFF lantaran antusiasme luar biasa dari suporter Indonesia. Hal itu akan menjadi kerugian yang nyata akan dirasakan oleh Federasi Sepakbola Asia Tenggara tersebut.

2. Pendapatan AFF Menurun

Dampak turunan yang akan dirasakan AFF jika Indonesia hengkang adalah merosotnya pendapatan. Pasalnya, Indonesia memiliki dukungan masif dari suporter fanatiknya yang juga akan ikut pergi. Jika supporter pergi dan exposure menurun karena media-media Indonesia tidak lagi menyoroti AFF, maka pendapatan dari ajang tersebut juga akan anjlok.

Editor : Komaruddin Bagja

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda