Mengenal CAFA, Federasi Sepak Bola Asia Tengah yang Bisa Menjadi Opsi Baru untuk Timnas Indonesia

Rilo Pambudi ยท Kamis, 04 Agustus 2022 - 20:06:00 WIB
Mengenal CAFA, Federasi Sepak Bola Asia Tengah yang Bisa Menjadi Opsi Baru untuk Timnas Indonesia
CAFA, Federasi sepak bola asia tengah yang bisa menjadi opsi baru untuk Indonesia (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Jika Timnas Indonesia memutuskan keluar dari AFF, CAFA selaku Federasi Sepak Bola Asia Tengah dapat menjadi menjadi opsi lain selain EAFF atau Federasi Sepak Bola Asia Timur.

Pasalnya, sampai saat ini masih santer isu rencana keluarnya Timnas Indonesia dari AFF atas desakan pencinta sepak bola Tanah Air. Setelah didesak keluar dari AFF dan diminta segera cepat-cepat bergabung dengan EAFF, Timnas juga memiliki opsi bergabung dengan CAFA sebagai pertimbangan terbaru.

Dikutip iNews.id dari laman resmi, Kamis (4/8/2022), PSSI menghormati AFF dan konfederasi sepakbola dunia lainnya. Namun, sampai PSSI dipastikan masih anggota AFF.

Timnas dalam hal ini PSSI sebenarnya masih mengkaji apakah akan hengkang Konfederasi Sepakbola ASEAN (AFF) atau tidak. Khususnya, terkait untung ruginya keluar dari AFF.

Lantas, seperti apa profil Federasi Sepak Bola Asia Tengah (CAFA) yang digadang sebagai pilihan terbaru jika Indonesia pergi dari AFF? Berikut adalah ulasan lengkapnya.

Mengenal CAFA, Punya Anggota Sedikit tapi Kuat

The Central Asia Football Association atau Federasi Sepak Bola Asia Tengah (CAFA) menjadi opsi terbaru yang mencuat apabila Timnas Indonesia tinggalkan AFF.

Sama seperti AFF, CAFA adalah bagian dari Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC), yang beranggotakan negara-negara Asia Tengah.

CAFA baru dibentuk pada tahun 2014 oleh enam negara Asia Tengah yang berinisiatif membuat zona federasi baru di Asia. Keenam negara yang menjadi delegasi CAFA adalah Afganistan, Iran, Kirgizstan, Tajikistan, Turkmenistan, dan Uzbekistan. 

Federasi sepak bola dari enam negara tersebut kemudian diundang oleh Presiden AFC dan menyelenggarakan Kongres Luar Biasa AFC di Sao Paulo, 9 Juni 2014. Hasil kongres tersebut akhirnya melahirkan zona federasi baru kawasan Asia.

Editor : Komaruddin Bagja

Halaman : 1 2

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:





Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda