Piala AFF 2020

Profil Tim Piala AFF 2020 Timnas Filipina: Menanti Aksi Striker Pembunuh Persija

Arief Wahyu Pradana · Kamis, 02 Desember 2021 - 21:30:00 WIB
Profil Tim Piala AFF 2020 Timnas Filipina: Menanti Aksi Striker Pembunuh Persija
Timnas Filipina datang ke Piala AFF 2020 dengan berkekuatan 27 pemain. Tim yang dijuluki Azkals itu ditangani pelatih berkebangsaan Inggris, Scott Cooper. (Foto: PFF)

MANILA, iNews.idTimnas Filipina datang ke Piala AFF 2020 dengan berkekuatan 27 pemain. Tim yang dijuluki Azkals itu ditangani pelatih berkebangsaan Inggris, Scott Cooper. 

Catatan Timnas Filipina di Piala AFF tak begitu mentereng. Mereka tak pernah berhasil menjuarai turnamen sepak bola antarnegara ASEAN itu.

Prestasi terbaik Filipina hanya tembus semifinal. Azkals tercatat empat kali gugur di babak empat besar yakni edisi 2010, 2012, 2014, dan 2018.

Tren buruk tentu tak ingin dilanjutkan. Timnas Filipina berusaha mengubah sejarah pada gelaran Piala AFF 2020 yang digelar di Singapura ini.

Sayangnya misi Filipina terganjal beberapa kendala. Ada beberapa pemain langganan yang tidak bisa berpartisipasi di Piala AFF 2020.

Sebab mereka tidak mendapatkan izin dari klubnya masing-masing lantaran Piala AFF 2020 tak masuk ke kalender FIFA. Sebut saja seperti Neil Etheridge, Patrick Strauss, Michael Kempter, dan Gerrit Holtmann. 

Kemudian tujuh pemain Jarvey Gayoso, Manny Ott, Carli De Murga, Michael Baldissimo, Matthew Baldissimo, Sebastian Rasmussen, dan Adian Ugelvik dicoret karena cedera.

Pelatih

Pelatih Timnas Filipina Scott Cooper. (Foto: Boxscore News)
Pelatih Timnas Filipina Scott Cooper. (Foto: Boxscore News)

Scott Cooper punya beban berat membawa Timnas Filipina juara dengan skuad yang pincang. Sepanjang kariernya juru taktik Inggris yang pernah menangani Mitra Kukar ini belum pernah merasakan gelar juara.

Sejauh ini Cooper baru enam kali memimpin Azkals berlaga sejak menggantikan Sven-Goran Eriksson pada 2019. Namun racikannya hanya mampu membawa Filipina meraih satu kemenangan, tiga kali seri, dan dua kali kalah.

Editor : Reynaldi Hermawan

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda