Liga Champions

Sempat Unggul, Napoli Gagal Kalahkan Barcelona di San Paolo

Fitradian Dhimas Kurniawan ยท Rabu, 26 Februari 2020 - 04:57 WIB
Sempat Unggul, Napoli Gagal Kalahkan Barcelona di San Paolo

Striker Barcelona Antoine Griezmann (kanan) dipeluk Lionel Messi usai menjebol gawang Napoli pada leg pertama 16 besar Liga Champions di San Paolo, Rabu (26/2/2020) dini hari WIB. (Foto: AFP)

NAPOLI, iNews.id – Napoli gagal kalahkan Barcelona meski sempat unggul pada leg pertama 16 besar Liga Champions di Stadio San Paolo, Rabu (26/2/2020) dini hari WIB. Kedua tim harus puas berbagi skor 1-1.

Barcelona berusaha untuk tampil menekan begitu pertandingan dimulai. Mereka langsung mendapat peluang pada menit kesembilan, namun tembakan Lionel Messi masih melambung ke atas mistar gawang.

Napoli kemudian berusaha menyerang balik pada menit ke-16. Jose Callejon yang menyusuri sisi kanan lapangan memberikan umpan kepada Piotr Zielinski. Namun, tembakan Zielinski masih bisa dihalau kiper Barcelona Marc-Andre Ter Stegen.

Peluang kembali didapatkan Barcelona pada menit ke-27. Messi membongkar pertahanan Napoli dan berusaha untuk memberikan umpan kepada Antoine Griezmann. Namun, upaya mereka bisa dihalau kiper Napoli David Ospina.

Napoli kemudian berhasil unggul pada menit ke-30. Dries Mertens melepaskan tembakan first-time hasil umpan Zielinski untuk mencetak gol ke gawang Barcelona.

Kejadian itu membuat tuan rumah semakin bersemangat untuk menggandakan keunggulannya. Mereka nyaris melakukannya pada menit ke-42, namun tembakan Kostas Manolas masih melebar, dan skor bertahan hingga babak pertama usai.

Begitu babak kedua dimulai, Barcelona kembali menyerang. Mereka lalu sukses menyamakan kedudukan pada menit ke-57. Griezmann yang tak terjaga sukses menjebol gawang Napoli lewat tembakan kerasnya.

Tim tamu nyaris berbalik unggul pada menit ke-65. Messi kembali memperdaya lini belakang Napoli, sebelum memberikan umpan kepada Arturo Vidal. Tetapi, tembakannya bisa ditangkap Ospina.

Barcelona terus membangun serangannya dan memperoleh peluang pada menit ke-76. Berawal dari sepak pojok Messi, Samuel Umtiti menanduk bola. Namun, upayanya masih belum menemui sasaran.

Lini serang Barcelona kemudian melemah pada menit ke-89. Arturo Vidal menekel keras Mario Rui dan mendapat kartu kuning. Tetapi, Vidal tidak terima dan protes berlebihan, hingga mendapat kartu kuning kedua dan langsung diusir keluar lapangan. Kejadian itu sekaligus menjadi akhir laga.

Dengan hasil ini, Barcelona lebih diuntungkan karena akan menggelar leg kedua di kandang sendiri pada Kamis (19/3/2020) dini hari WIB.

SUSUNAN PEMAIN 
NAPOLI (4-3-3) 
Ospina; Di Lorenzo, Manolas, Maksimovic, Mario Rui; Fabian Ruiz, Demme (Allan 80), Zielinski; Callejon (Politano 74), Mertens (Milik 54), Insigne 
Pelatih: Gennaro Gattuso

BARCELONA (4-3-3) 
Ter Stegen; Semedo, Pique (Lenglet 90+3), Umtiti, Firpo; Busquets, Rakitic (Arthur 56), De Jong; Vidal, Messi, Griezmann (Fati 87) 
Pelatih: Quique Setien


Editor : Abdul Haris