AirPods Raih Kesuksesan, Apple Berencana Hapus Jajaran Headphone Beats

Dini Listiyani ยท Rabu, 08 April 2020 - 15:10 WIB
AirPods Raih Kesuksesan, Apple Berencana Hapus Jajaran Headphone Beats

Produk Beats (Foto: Gizmo China)

CUPERTINO, iNews.id - Apple berencana menghapus jajaran headphone Beats. Rencana itu muncul karena raksasa teknologi berbasis Cupertino ini meraih kesuksesan pada AirPods.

Apple mengakuisisi Beats Electronics pada 1 Agustus 2014 dengan mahar senilai 3 miliar dolar AS dalam bentuk transaksi tunai dan saham. Kesepakatan itu adalah akuisisi terbesar dalam sejarah Apple dan sejak itu brand terus melonjak tinggi.

Kendati demikian, ada laporan yang menyebutkan Apple berencana untuk mem-pensiunkan brand Beats. Tweet oleh Jon Prosser mengisyaratkan Apple sedang mengerjakan beberapa produk Beats-centric untuk line AirPod.

Tujuan akhirnya adalah melihat inventaris Beats berkurang. AirPod X adalah salah satu produk yang akan datang dan serupa dengan earphone BeatsX.

AirPod X akan hadir dengan desain premium dan dijual seharga 350 dolar AS. Produk tersebut ditargetkan untuk merebut sebagian market share Bose dan Beats, sebagaimana dikutip dari Gizmo China, Rabu (8/4/2020).

Apple juga menawarkan diskon yang bagus untuk jajaran Beats sebagai bagian dari rencana jangka panjang ini. Dalam hal ini, Totally Wireless Powerbeats Pro yang kurang dari satu tahun mendapat potongan 50 persen di situs resminya.

Apple juga telah mengambil keputusan untuk mengurangi harga headphone over-ear Beats Solo Pro sebesar 50 persen. Karyawan Apple juga diatawari diskon 40 persen untuk produk Beats.

Langkah yang diambil Apple ini dilihat sebagai upaya untuk mengurangi persediaan. Seperti diketahui, Apple meluncurkan earphone nirkabel bermerk sendiri pada akhir 2016 dan mendapat respons yang baik dari pasar.

AirPods menjadi earphone nirkabel terlaris secara global dalam waktu singkat. AirPods generasi kedua diluncurkan pada Maret 2019 dan AirPods Pro dengan fitur peredam bising diperkenalkan pada Oktober 2019.

Produk-produk earphone nirkabel Apple mendorong perusahaan ke market share 54,4 persen. Pertumbuhan lini AirPods bertanggung jawab atas keputusan perusahaan Amerika Serikat ini untuk menghapus merek Beats.

Untuk saat ini, Apple tampaknya berusaha mengurangi persediaan dan Powerbeats 4 kemungkinan akan menjadi produk terakhir di bawah merek tersebut.

 

Editor : Dini Listiyani