Cara Mudah Memindai QR Code lewat iPhone

Dini Listiyani ยท Selasa, 18 Februari 2020 - 11:01 WIB
Cara Mudah Memindai QR Code lewat iPhone

iPhone memindai QR Code (Foto: Apple)

JAKARTA, iNews.id - QR Code membawa cara baru bagi pengguna smartphone untuk berbagi informasi. Meski tidak sepenuhnya baru, teknologi ini dapat membantu mempermudah kehidupan manusia saat ini.

Dikutip dari Ubergizmo, Selasa (18/2/2020), QR Code awalnya dikembangkan pada 1990-an dan digunakan di industri otomotif Jepang. Code itu berisi informasi mengenai barang yang dipasangkan dengannya.

Saat ini QR Code dapat dilihat di mana saja. Kode tersebut dapat digunakan oleh pengiklan dan perusahaan untuk mempromosikan website, layanan, penjualan, dan sebagainya.

Jadi, pertanyaannya, bagaimana Anda memindai QR Code ini? Bagi pemilik iPhone, pemindai dapat dilakukan dengan mudah, bahkan tanpa memerlukan aplikasi pihak ketiga.

Anda hanya perlu membuka aplikasi kamera, lalu arahkan ke QR Code yang ingin dipindai. Jika QR Code valid, Anda akan mendapatkan pemberitahuan yang menanyakan, 'Apakah Anda ingin membuka website yang terkait dengan QR Code tersebut.'

Selanjutnya, tap notifikasi dan informasi akan dimuat ke browser kamu. Meskipun ini adalah cara mudah bagi perusahaan berbagi website mereka dengan pelanggan dalam kehidupan nyata tanpa perlu mengetik lagi, tapi ada bahaya yang terkandung di sini.

Karena QR Code pada dasarnya berisi informasi, Anda tidak akan pernah benar-benar tahu apa yang ada di baliknya hingga diklik. Artinya, secara teori orang bisa menyembunyikan malware di balik QR Code dan pengguna yang tidak curiga bisa tertipu.

Jika tidak ingin mengalaminya, kamu dapat mencoba aplikasi pemindaian QR Code pihak ketiga. Pasalnya, beberapa aplikasi pihak ketiga dilengkapi dengan fitur keamanan tambahan yang akan mencegah hal tersebut.

Editor : Dini Listiyani