Smart TV LG Mendukung Perintah Suara Berbahasa Indonesia

Sindonews ยท Sabtu, 16 Mei 2020 - 19:30 WIB
Smart TV LG Mendukung Perintah Suara Berbahasa Indonesia

Smart TV LG mendukung perintah suara bahasa Indonesia (Foto: Ist.)

SEOUL, iNews.id - Smart TV pada umumnya hanya merespons perintah suara berbahasa Inggris. Supaya tidak menyulitkan pengguna, LG menyediakan perintah suara dalam bahasa Indonesia untuk produk TV pintarnya.

PT LG Electronics Indonesia menyatakan ketersediaan perintah suara dalam bahasa Indonesia untuk kendali smart TV besutannya. Tak hanya pada jajaran TV terbaru, fasilitas ini akan dapat dinikmati oleh seri smart TV LG keluaran tahun 2019.

Keberadaan perintah suara berbasis Bahasa Indonesia tersebut merupakan bagian dari pembaruan pada perangkat lunak LG ThinQ AI yang menjadi platform smart TV LG.

Dengan fasilitas ini, LG menjadikan smart TV-nya sebagai yang pertama memiliki pengenalan perintah suara berbasis Bahasa Indonesia. “Hal ini menjadi bagian upaya kami untuk terus menjadi yang terdepan dalam memberi pengalaman lebih baik dalam interaksi pengguna dengan TV sebagai media hiburan keluarga,” kata Park Myungkil, Product Head HE PT LG Electronics Indonesia.

Lebih lanjut dikatakan, perintah suara bahasa Indonesia pada smart TV LG bakal membuat penggunanya lebih mudah dan cepat dalam mengakses berbagai menu dan pengaturan TV. Termasuk didalamnya untuk mengubah input, melakukan pengaturan gambar dan suara hingga pengaturan waktu menonaktifkan TV.

"Bahkan, pengguna juga dapat memanfaatkan perintah suara dalam Bahasa Indonesia untuk melakukan pencarian berbagai konten berbasis web," kata Park Myungkil.

Di sisi lain, sambung dia, untuk kemudahan interaksi, perintah suara berbasis bahasa Indonesia ini disusun cermat sehingga membuat smart TV LG mampu memahami perintah dalam struktur pengucapan yang lebih natural. Untuk mengubah pengaturan gambar dan suara misalnya, pengguna cukup mengatakan "Ubah ke mode Sinema”, sementara perintah “Atur waktu tidur” akan membuat smart TV LG memberi opsi untuk pengaturan tenggat waktu menonaktifkan diri.

Untuk melakukan pencarian konten berbasis web pun tak kalah mudah. Bahkan pencarian judul film tertentu dapat dilakukan dengan mengikutkan perintah pencarian spesifik pada layanan tertentu. Cukup dengan perintah sederhana ‘cari’ diikuti judul film dimaksud dan diakhiri dengan layanan streaming video tertentu, smart TV LG akan langsung bekerja melakukan kurasi sesuai perintah.

Verina Widya, Product Manager HE PT LG Electronics Indonesia, menambahkan, tak akan ada kesulitan bagi pengguna untuk dapat membuat perintah suara dalam bahasa Indonesia bekerja pada smart TV miliknya. Karena fasilitas ini tersedia melalui pembaruan perangkat lunak LG ThinQ AI yang tertanam didalam TV. Maka yang perlu dilakukan pengguna hanyalah memastikan keterhubungan TV dengan internet untuk pembaruan, mengubah pengaturan TV pada Bahasa Indonesia dan kemudian perintah suara akan dapat digunakan dengan berbicara melalui Magic Remote TV LG.

Yang membuat kabar ini lebih istimewa, ketersediaan perintah suara dalam bahasa Indonesia ini tidak hanya bakal terdapat pada Smart TV LG kelas premium, seperti NanoCell TV dan OLED TV LG. LG menyatakan, ketersediaannya bakal menjangkau hingga seluruh smart TV LG besutan tahun 2019.

Sebarannya mulai dari TV dengan resolusi High Definition hingga 4K Ultra HD. “Kami ingin kabar baik ini menjangkau lebih banyak pengguna. Untuk memberi pengalaman lebih baik sekaligus inspirasi mengenai evolusi interaksi pengguna dan TV di masa mendatang,” ungkap Verina Widya.

Editor : Dini Listiyani