Tips Belanja lewat Online agar Untung Maksimal

Riyandy Aristyo · Sabtu, 26 September 2020 - 12:28:00 WIB
Tips Belanja lewat Online agar Untung Maksimal
Belanja lewat online (Foto: delnext)

JAKARTA, iNews.id - Selama pandemi Covid-19 melanda Indonesia, aktivitas belanja secara online (daring) semakin meningkat. Hal ini lantaran belanja online sangat praktis, menghemat waktu dan tidak mengganggu aktivitas dan produktivitas.

Berikut ini tips belanja online yang tidak hanya mudah tapi bisa untung maksimal, dikutip dari Erafone, Sabtu (26/9/2020).

1. Tentukan barang yang mau dibeli

Sebelum belanja, ada baiknya menentukan terlebih dahulu barang atau produk yang ingin dibeli. Misalnya, butuh earphone bluetooth AirPods untuk meeting virtual atau gimbal smartphone agar video semakin smooth.

2. Jangan tergiur harga murah

Hampir semua konsumen suka dengan barang diskon. Namun, diskon atau potongan harga juga harus realistis. Jangan mudah tergiur dengan produk idaman yang harganya murah karena bisa jadi barang tersebut tidak sesuai harapan.

Biasanya, calon pembeli akan di kelabuhi dan diarahkan ke chat atau transaksi lewat jaringan pribadi penjual. Konsumen juga harus cerdas dan teliti sebelum membeli.

3. Timbang harga dan spesifikasi produk

Langkah yang satu ini penting untuk menyisihkan budget belanja. Pasalnya, dengan melakukan perbandingan, akan lebih mudah dalam memeroleh harga dan produk terbaik. Misalnya di salah satu platform jual beli barang electronic Erafone.

4. Buat rekening khusus belanja

Supaya lebih teratur, ada baiknya konsumen memisahkan penghasilan di rekening terpisah untuk belanja. Saat belanja dengan rekening terpisah, anggaran belanja kebutuhan pokok jadi lebih aman dan hobi belanja jadi lebih terkontrol dan keuangan jadi lebih tertata.

5. Belanja di momen yang tepat

Jika ingin untung maksimal saat belanja online, konsumen juga harus pintar-pintar memanfaatkan momen. Karena toko online biasanya sering memberikan kejutan dan bonus belanja seperti di momen Eraversary.

Editor : Vien Dimyati