4 Pentingnya Garansi Saat Membeli Gadget

Riyandy Aristyo ยท Jumat, 11 September 2020 - 18:05 WIB
4 Pentingnya Garansi Saat Membeli Gadget

Garansi atau jaminan kualitas menjadi salah satu pertimbangan konsumen saat membeli produk elektronik. (Foto: Ilustrasi/Money Control)

JAKARTA, iNews.id - Garansi atau jaminan kualitas menjadi salah satu pertimbangan konsumen saat membeli produk elektronik. Hal ini untuk meyakinkan pembeli jika barang yang sudah dibeli berkualitas baik dan tidak ada cacat manufaktur.

Biasanya, garansi yang diberikan perusahaan berupa jasa perbaikan hingga penggantian unit baru jika produk tersebut rusak.

Berikut alasan kenapa garansi produk penting saat membeli produk dilansir iNews.id dari Teletama Artha Mandiri (TAM), Jumat (11/9/2020).

1. Mengurangi risiko pembelian

Bagi konsumen, layanan garansi memiliki peran yang penting dalam mengurangi risiko pembelian. Garansi memberikan kemudahan bagi pelanggan saat ada keluhan mengenai produk yang dibeli karena mereka mengharapkan perusahaan siap untuk melayani dan memberikan kompensasi yang sesuai.

Seperti Urban Republic yang memberi garansi resmi atau sering disebut garansi TAM. Kalau sudah dapat garansi resmi, berapapun harga gadget yang dibeli, tidak perlu khawatirkan karena sudah terjamin.

2. Membuktikan Perusahaan Retail Terpercaya

Pemberian garansi secara tidak langsung juga berpengaruh ke kepercayaan store baik online maupun offline. Misalnya Urban Republic (anak perusahaan Erajaya Group) yang ada sejak 1996 di Indonesia dan sudah dilindungi badan hukum.

3. Jangan Bongkar Sendiri

Selama masa garansi apabila terjadi kerusakan pada barang elektronik, jangan pernah untuk membongkan sendiri atau dibongkar oleh teknisi tidak resmi. Sebab beberapa produsen melarang hal tersebut dan bisa saja malah membuat barang semakin rusak.

4. Adanya After Sales Service

Garansi juga memberikan ke konsumen soal after sales service. Jadi, setelah membeli, penjual tidak akan lepas tangan. Biasanya, perusahaan yang sudah berbadan hukum jelas, akan terus memberikan pelayanan dan kenyamanan bagi konsumen, apalagi di masa pandemi Covid-19 yang belum usai.

Biasanya, konsumen akan mendapat layanan perbaikan device yang bermasalah tanpa beranjak dari rumah. Sebagai Service Center resmi, semua sparepart yang digunakan dipastikan merupakan sparepart original.

Enaknya belanja di toko resmi konsumen tidak sekadar membeli produk. Konsumen juga bisa mendapatkan product knowledge soal gadget yang ingin dibeli.

Editor : Dani Dahwilani