Cara Factory Reset di Android

Dini Listiyani · Sabtu, 08 Mei 2021 - 15:05:00 WIB
Cara Factory Reset di Android
Cara Factory Reset di Android (Foto: Unsplash)

JAKARTA, iNews.id - Cara factory reset di Android sangat mudah. Cara factory reset di Android ini harus diketahui pengguna smartphone apalagi saat ingin menjual smartphone.

Menyetel pengaturan kembali ke awal sebenarnya ada risikonya. Data yang ada di smartphone bisa dihapus secara permanen saat melakukan factory reset di Android. 

Oleh karena itu, untuk reset factory di Android perlu berhati-hati. Anda harus memastikan ini adalah hal yang benar untuk dilakukan, karena ini bukan sesuatu yang dapat dengan mudah Anda dapatkan kembali. 

Sangat penting bagi Anda untuk mencadangkan perangkat Anda terlebih dahulu. Setelah Anda mengidentifikasi bahwa itu adalah sesuatu yang ingin Anda lakukan, Anda memiliki dua opsi utama, sebagaimana dikutip dari Tech Advisor, Jumat (7/5/2021).

1. Cara Factory Reset di Android lewat Hard Reset
Hard reset akan menghapus memori dan menghapus semua file Anda karena mengembalikan perangkat Anda ke pengaturan pabrik. Kecuali jika Anda menyingkirkan ponsel dan tablet, ini biasanya digunakan sebagai upaya terakhir untuk perangkat yang berperilaku tidak semestinya.

- Pastikan ponsel atau tablet Anda memiliki daya setidaknya 30 persen
- Buka aplikasi Pengaturan
- Gulir ke bawah dan pilih Cadangkan & setel ulang
- Ketuk Reset data pabrik
- Pilih Reset telepon
- Pilih Hapus semuanya
- Jika Anda memiliki kata sandi, Anda akan diminta untuk memasukkannya sekarang
- Perangkat Anda akan membutuhkan beberapa menit untuk reboot, dan kemudian akan siap untuk digunakan seperti saat Anda pertama kali menerimanya.

Perangkat Anda akan membutuhkan beberapa menit untuk reboot, dan kemudian akan siap untuk digunakan seperti saat Anda pertama kali menerimanya.

Editor : Dini Listiyani

Halaman : 1 2