2 Cara Melacak HP Hilang dengan Mudah, Cek Disini

Siska Permata Sari ยท Rabu, 28 Oktober 2020 - 13:16:00 WIB
2 Cara Melacak HP Hilang dengan Mudah, Cek Disini
Cara melacak hp hilang (Foto: Unsplash)

JAKARTA, iNews.id - Cara melacak hp hilang terkadang tidak diketahui banyak orang. Padahal, kehilangan ponsel merupakan pengalaman yang tentunya sangat menyebalkan.

Kejadian seperti itu biasanya terjadi dalam waktu singkat, bahkan tak jarang tidak disadari oleh pemiliknya sendiri. Misalnya, ponsel Anda dicuri atau tertinggal di dalam taksi, restoran, atau tempat-tempat keramaian.

Namun, terlepas dari alasannya, kehilangan ponsel bisa sangat mengganggu, hingga dapat membuat Anda ‘lumpuh’. Sebab, semua data, kontak, urusan pekerjaan, uang digital, dan hal-hal penting lainnya ada di ponsel Anda.

Selain melaporkan ke polisi, ada hal-hal yang bisa Anda lakukan untuk mengetahui keberadaan ponsel Anda, terutama jika Anda pengguna Android. Bagaimana caranya? Berikut langkah-langkahnya, seperti dirangkum dari CNet, Rabu (28/10/2020).


Gunakan Fitur Temukan Perangkat Saya

Cara melacak hp hilang pertama bisa dilakukan dengan menggunakan fitur Temukan Perangkat Saya. Temukan Perangkat Saya adalah fitur yang bisa Anda gunakan jika ponsel Anda hilang. Dengan fitur ini, Anda bisa melacak perangkat, menguncinya dari jarak jauh, dan menghapus data-data, juga dari jarak jauh. 

Anda dapat memeriksa untuk memastikan Temukan Perangkat Saya diaktifkan dengan membuka aplikasi Pengaturan dan masuk ke Keamanan & Lokasi > Temukan Perangkat Saya. Atau, jika perangkat Anda tidak memiliki opsi Keamanan & Lokasi, buka Google > Keamanan > Temukan Perangkat Saya. Jangan lupa untuk memastikan fitur Temukan Perangkat Saya aktif atau ON.


Editor : Dini Listiyani