Kehilangan AirPods? Begini Cara untuk Menemukannya

Dini Listiyani ยท Senin, 01 Juni 2020 - 15:06 WIB
Kehilangan AirPods? Begini Cara untuk Menemukannya

AirPods (Foto: Apple0

JAKARTA, iNews.id - AirPods memiliki earbud yang cukup kecil, sehingga mudah hilang. Beruntung, Apple telah menciptakan beberapa tool untuk membantu Anda menemukan headphone dengan cepat.

Salah satu cara termudah untuk menemukan AirPods yang hilang yakni menggunakan layanan Find My dari Apple. Hal terbaik dari Find My dari Apple adalah pengguna tidak perlu mendaftarkan AirPods langsung ke layanan.

Jika Anda sudah menggunakan iPhone, iPad, atau iPod Touch yang terdaftar dengan Find My, hubungkan sepasang AirPods ke perangkat. Hal ini akan secara otomatis mengaktifkan Find My untuk headphone Anda juga.

Nah, jika AirPods Anda hilang, keluar dari case dan relatif dekat, Anda dapat menggunakan Find My untuk menemukannya dengan cepat. Sayangnya, bila AirPods berada dalam case atau di luar jangkauan, Find My hanya akan menunjukkan tempat terakhir terhubung.

Tentu saja, mengetahui tempat terkhir kali lebih baik dibanding tidak sama sekali. Dengan begitu, Anda dapat terbantu melacak AirPods yang hilang, sebagaimana dikutip dari Android Pit, Rabu (1/6/2020).

Guna menemukan AirPods di iPhone, iPad atau iPod Touch, Anda dapat membuka aplikasi Find My, select Devices tab, lalu pilih AirPods Anda. Sedangkan untuk di perangkat komputer, Anda harus pergi ke iCloud.com terlebih dulu.

Selanjutnya, sign in dengan Apple ID. Buka Find iPhone dan klik All Devices. Kemudian, klik AirPods Anda. Anda juga dapat mencari AirPods Anda dengan memainkan suara.

Pertama-tama Anda harus membuka aplikasi Find My terlebih dulu dan select Devices tab. Selanjutnya, Anda harus memilih AirPods dari list dan tap Play Sound.  

Lalu bagaiman jika AirPods yang hilang ternyata dalam kondisi offline? Saat AirPods offline, Anda tidak akan melihat lokasi GPS dari earbuds atau memutar suara untuk membantu menemukannya.

Anda hanya akan mendapatkan pesan 'Tidak ada lokasi ditemukan' di aplikasi. Namun, semuanya tidak hilang. Anda dapat mengakses lokasi AirPods terakhir yang diketahui, sehingga dapat mempersempit Anda mencari pencarian. Anda juga mendapatkan notifikasi saat AirPods kembali online.

Editor : Dini Listiyani