Tips Ngevlog Menggunakan Smartphone

Riyandy Aristyo ยท Sabtu, 29 Agustus 2020 - 16:15 WIB
Tips Ngevlog Menggunakan Smartphone

Ilustrasi (Foto: Unsplash)

JAKARTA, iNews.id - Orang yang membuat video blog (vlog) tentu membutuhkan peralatan yang mumpuni dan canggih. Namun jangan salah, ternyata, kegiatan ngevlog juga bisa dilakukan hanya dengan menggunakan smartphone.

Banyak vlogger maupun Youtuber mengandalkan kamera smartphone untuk membuat konten yang impactful dan juga menarik dilihat. Nah, berikut adalah tips membuat vlog pakai smartphone dari Eraphone, Kamis (27/8/2020).

1. Tentukan Durasi

Sebaiknya durasi konten vlog tidak terlalu panjang atau terlalu pendek, dikisaran 30 menit saja. Jika terlalu panjang, umumnya viewers akan merasa bosan. Tapi bukan berarti vlogger tidak boleh membuat konten sepanjang 1-2 jam. Apalagi konten yang dibuat berupa lagu atau musik aransemen.

2. Bikin Thumbnail yang Menarik

Ibarat buku butuh cover yang menarik, video di YouTube dan Instagram juga butuh thumbnail yang menarik supaya mentrigger orang mau menonton.

Sebaiknya thumbnail image dipilih berdasarkan adegan menarik yang diambil dari video yang direkam. Selanjutnya langsung mengkombinasikan thumbnail dengan judul yang menarik.

3. Pilih Smartphone dengan Kamera Mumpuni

Pastikan menggunakan kamera smartphone dengan kualitas video yang canggih. Salah satunya adalah Oppo Reno 4, yang dilengkapi kamera beresolusi 48 megapixel dan berfitur Ultra Clear Image yang memungkinkan pengguna menjepret foto beresolusi 108 megapixel.

Tak hanya itu, Oppo Reno 4 juga diklaim memiliki fitur AI Slow Motion yang mampu merekam 960 frame per second (fps), di mana fitur ini hanya ada di jajaran smartphone flagship beberapa waktu yang lalu.

4. Rekam Horizontal

Untuk awal-awal, buatlah video dalam bentuk layar landscape sehingga lebih indah dan menarik. Tapi, tak ada salahnya untuk merekam video dengan posisi vertikal. Namun, jarang banget orang membuat konten video dengan cara vertikal di Youtube.

5. Gunakan aplikasi edit

Nah, ini yang juga sering menjadi problematika seorang content creator yakni mengedit video. Menyunting video sepertinya rumit, tapi, sekarang banyak aplikasi edit video baik gratis maupun berbayar di smartphone.

Jika malas mengedit video pakai laptop, bisa juga memanfaatkan fitur edit video dari Oppo Reno 4. Seperti diketahui, Oppo Reno 4 sudah dilengkapi chipset Snapdragon 720G yang siap 'dihajar' untuk mengedit video.

Selain chipset yang ngebut, Oppo Reno 4 juga dibekali kapasitas baterai yang cukup besar yakni 4.015 mAh. Ditambah teknologi pengisian cepat Oppo VOOC 4.0 berdaya 30 Watt yang bikin baterai Reno 4 bisa terisi penuh hanya dalam waktu sekitar satu jam.

Editor : Dini Listiyani