Yuk, Ketahui Apa Itu Fitur Factory Reset

Fikri Kurniawan ยท Minggu, 14 Februari 2021 - 21:05:00 WIB
Yuk, Ketahui Apa Itu Fitur Factory Reset
Yuk, Ketahui Apa Itu Fitur Factory Reset (Foto: Next Pit)

JAKARTA, iNews.id - Smartphone sudah menjadi barang penting. Bahkan, hampir semua orang, khususnya di perkotaan, mempunyai smartphone untuk menunjang kegiatan mereka. 

Rasanya smartphone memang sudah menjadi bagian dari kehidupan. Apalagi di masa pandemik ini, smartphone menjadi pilihan untuk beraktivitas dari rumah, seperti bekerja ketika work from home (WFH) atau untuk pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Berbagai tipe smartphone juga bisa menjadi pilihan. Para produsen mengeluarkan produknya dengan variatif, mulai dari yang termurah hingga termahal. Tentu disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan konsumen.

Selain itu, saat ini juga sudah banyak aplikasi yang membantu menunjang kegiatan sehari-hari. Sayangnya, terlalu banyak aplikasi atau ketika satu smartphone sudah bertahun-tahun digunakan, pasti kinerjanya akan semakin lambat.

Maka dari itu, biasanya pengguna smartphone melakukan factory reset. Mungkin fitur ini sudah tidak asing lagi. Factory reset sering digunakan saat ponsel mulai berat dan melambat.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menuturkan, factory reset merupakan sebuah cara yang disediakan oleh pabrikan ponsel untuk mengembalikan pengaturan ponsel ke versi awal saat pertama kali dipakai.

Akun Twitter resmi Kominfo, yang dikutip pada Sabtu (13/2/2021), menjelaskan kinerja smartphone akan lebih cepat dibandingkan sebelum dilakukan factory reset.

Alasannya, factory reset mampu menghapus data dan aplikasi yang memenuhi memori dan membuat ponsel melambat. Fitur ini juga bisa menghapus malware yang menghambat kinerja ponsel.

Editor : Dini Listiyani

Halaman : 1 2