3 Aplikasi Blokir Iklan Khusus untuk Ponsel Android

Siska Permata Sari · Minggu, 21 Juni 2020 - 15:15:00 WIB
3 Aplikasi Blokir Iklan Khusus untuk Ponsel Android
Adguard (Foto: Adguard)

JAKARTA, iNews.id - Ponsel Android mempunyai banyak keunggulan dan fitur-fitur menarik yang ditawarkan. Namun, ada salah satu hal yang cukup mengganggu di ponsel Android, yaitu iklan.

Iklan pada ponsel Android tak jarang dapat merusak pengalaman dalam menggunakan ponsel, terutama saat menjelajahi web, bermain game, dan menonton video.

Tapi, ada beberapa cara untuk memblokir iklan yang menggangu di perangkat Android Anda. Walaupun tak jarang pemblokiran iklan yang paling komprehensif memang membutuhkan pengaturan root.

Berikut ada beberapa aplikasi untuk memblokir iklan, seperti dilansir dari Android Authority, Minggu (21/6/2020).

AdAway

AdAway adalah aplikasi pemblokir iklan sederhana. Aplikasi ini menggunakan file host yang dimodifikasi untuk mengirim semua permintaan iklan ke 12.0.0.1. Dengan kata lain, permintaan tidak ke mana-mana dan Anda juga tidak melihat iklan.

AdAway mendukung file host modifikasi atau kustom atau Anda dapat mengunduh yang dasar dari aplikasi itu sendiri. Aplikasi ini gratis, tetapi Anda membutuhkan rooting sebelum menggunakannya. Aplikasi ini juga tidak tersedia di Playstore, tetapi di F-Droid.

AdBlock Plus

Adblocker Plus bisa dibilang adalah aplikasi pemblokir iklan paling populer dalam daftar. Ia bekerja pada perangkat yang di-rooting dan tidak-di-rooting. Aplikasi ini berjalan di latar belakang dan menyaring lalu lintas web hampir persis seperti ekstensi peramban webnya. Aplikasi ini juga dapat diunduh gratis.

Block This

Block This mungkin jarang terdengar tetapi aplikasi ini efektif, open source, dan sepenuhnya gratis untuk digunakan. Cara kerjanya adalah dengan menggunakan pengaturan gaya VPN yang sama seperti yang digunakan Adblock Plus, namun Block This lebih menggunakan pemblokiran DNS.

Editor : Dini Listiyani