5 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Mulai Konferensi Video

Okezone · Senin, 22 Juni 2020 - 21:12 WIB
5 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Mulai Konferensi Video

Aplikasi Zoom digunakan meeting (Foto: Zoom)

JAKARTA, iNews.id - Percakapan melalui konferensi video sudah menjadi hal umum selama pandemi Covid-19 melanda dunia. Apalagi, teknologi saat ini sudah mumpuni untuk membantu seseorang tetap terhubung dari jauh.

Sebelum memulai konferensi video, ada baiknya Anda mempersiapkan segala sesuatu terlebih dulu. Tujuannya agar komunikasi virtual Anda dengan rekan kerja, teman, atau keluarga bisa berjalan lancar.

Lantas apa saja yang perlu dipersiapkan? Nah, berikut ini lima hal yang perlu Anda perhatikan sebelum memulai konferensi video bersama teman atau rekan kerja sebagaimana dikutip dari SCMP.

Audio/Mute
Saat video konferensi, hindari suara-suara yang mungkin dapat mengganggu jalannya obrolan atau komunikasi. Misalnya, bunyi ponsel yang berdering atau anak-anak yang berteriak. Gunakan fitur mute untuk mencegah terdengarnya suara-suara tersebut. Fitur unmute baru bisa dijalankan apabila Anda giliran mulai berbicara.

Hilangkan Gangguan
Saat video konferensi, hindari tumpukan buku yang terlalu banyak atau benda-benda yang dapat mengalihkan fokus orang lain. Dengan menghilangkan objek-objek tersebut, maka orang lain dapat fokus hanya kepada Anda saat berbicara.

Pencahayaan
Perhatikan cahaya agar wajah Anda tetap dapat terlihat. Kesalahan pencahayaan mungkin membuat wajah Anda tidak terlihat dengan jelas. Gunakan lampu meja yang menerangi Anda atau tingkatkan kecerahan layar agar orang lain dapat melihat Anda dengan jelas.

Lihat ke Kamera
Ketika Anda berbicara saat video konferensi, upayakan melihat ke arah kamera. Ini akan membuat orang lain benar-benar menyimak ucapan Anda. Sebagaimana ketika berbicara secara langsung, pesan diharapkan bisa lebih mudah ditangkap saat orang lain berbicara dengan tatapan mata.

Perhatikan Pakaian
Video konferensi merupakan pertemuan atau meeting yang dilakukan secara online, tanpa harus bertemu langsung. Meskipun tidak bertatap muka secara langsung, Anda perlu memperhatikan pakaian yang dikenakan agar Anda tetap terlihat rapi.

Editor : Dini Listiyani