53 Aplikasi iOS Ketahuan Mengintip Clipboard Pengguna

Dini Listiyani ยท Senin, 29 Juni 2020 - 14:04 WIB
 53 Aplikasi iOS Ketahuan Mengintip Clipboard Pengguna

Jajaran iPhone 11 (Foto: Apple)

CUPERTINO, iNews.id - TikTok mungkin telah berhenti mengintip clipboard di iOS. Tapi, pengembang lain tampaknya ketahuan masih mengintip clipboard pengguna di iOS.

Peneliti keamanan Tommy Mysk mengatakan kepada Ars Technica, 53 aplikasi tambahan yang diidentifikasi pada Maret lalu masih menangkap data clipboard universal saat mereka dibuka. Praktik ini berpotensi berbagi data sensitif dengan perangkat lain yang berdekatan menggunakan Apple ID yang sama.

Aplikasi termasuk ke dalam judul utama, biasanya dapat dipercaya. Perilaku ini terlihat dalam aplikasi berita dan juga game-game ternama seperti Fruit Ninja dan Bejeweled.

Aplikasi sosial media seperti Viber, Weibo, dan Zoosk juga ketahui masih mengintip clipboard pengguna. Hal sama juga masih dilakukan aplikasi utilitas seperti AccuWeather, DAZN, dan Overstock.

"Ini sangat, sangat berbahaya. Aplikasi ini membaca clipboard dan tidak ada alasan untuk melakukan ini. Aplikasi yang tidak memiliki bidang teks untuk memasukkan teks tidak memiliki alasan untuk membaca teks clipboard," kata Mysk yang dikutip dari Ubergizmo. 

Beberapa pengembang aplikasi telah berjanji untuk mengubah perilaku mereka. Bersama TikTok, 10 persen Happier and Hotel Tonight mengurangi penggunaan clipboard mereka.

Ada juga sejumlah aplikasi yang memanfaatkan clipboard dengan cerdas. Pixelmator misalnya, hanya menarik data jika ada gambar saja, sebagaimana dikutip dari Engadget, Senin (29/6/2020).

Kendati demikian, masalahnya bukan hanya segelintir aplikasi ini yang menyalahgunakan keyboard. Ada kemungkinan banyak aplikasi lain menunjukkan perilaku serupa.

Editor : Dini Listiyani