Absen Online: Pengertian, Tujuan Penerapan, dan Alasan Perusahaan Lebih Suka
Untuk keterangan data kehadiran karyawan tersebut, bisa dilihat atau dihasilkan dari suatu sistem absen yang digunakan oleh perusahaan, baik itu dilakukan secara manual maupun berbasis online.
Sistem absen tersebut akan melakukan rekap terhadap setiap kedatangan dan waktu pulang dari karyawan yang hadir untuk bekerja. Tidak hanya itu, bagi karyawan yang tidak masuk kerja pun perusahaan bisa melihat bagaimana status dari karyawan yang bersangkutan, apakah tidak hadir kerja karena izin, sakit, atau memang bolos.
Data tersebut akan menjadi sebuah data yang valid dan akurat, karena akan memperlihatkan sebuah bukti kejelasan dari setiap karyawan perusahaan mengenai keberadaan mereka, baik yang hadir ataupun harus absen dalam bekerja.
Dengan adanya sistem absen karyawan ini akan membantu HR perusahaan tidak akan kesulitan ketika akan menghitung data kehadiran dari setiap karyawan yang masuk. Apalagi, ketika sudah memasuki pada saat mendekati tanggal gajian, karena seperti yang Anda ketahui bahwa daftar hadir juga dapat mempengaruhi gaji bersih seorang pegawai.
Kini, kebanyakan perusahaan di Indonesia sudah banyak memilih atau menerapkan sistem absen online, di mana sistem ini dinilai lebih canggih serta lebih efisien bagi perusahaan yang menggunakannya.
Sistem absensi online sudah menerapkan banyak fitur, mulai dari data lembur karyawan yang akan direkap secara otomatis. Dengan begitu, akan mempermudah pekerjaan staff HR atau SDM perusahaan untuk memantau apa saja dan bagaimana karyawan perusahaan mereka bekerja.
Tentunya, setiap sistem yang diciptakan memiliki sebuah tujuan. Tidak terkecuali, dengan penerapan dari sistem absen online yang di mana memiliki suatu tujuan penting bagi perusahaan.
Hal tersebut lah yang menjadi sebuah alasan mengapa pada akhirnya bukan hanya perusahaan dari Indonesia saja yang menggunakan, tetapi juga perusahaan dari seluruh dunia pun lebih suka menerapkan sistem absen online.