Absen Online: Pengertian, Tujuan Penerapan, dan Alasan Perusahaan Lebih Suka
JAKARTA, iNews.id - Absen online merupakan suatu sistem di mana saat ini para tenaga kerja perusahaan sudah bisa melakukannya dengan bantuan aplikasi. Secara umum, penggunaan aplikasi absen online ini sangat membantu perusahaan untuk mencatat setiap tenaga kerja mereka, jika dibandingkan dengan absensi yang dilakukan secara manual.
Tentu, hal ini akan sangat merepotkan, apalagi jika tenaga kerja yang ada di perusahaan tersebut jumlahnya mencapai ratusan atau bahkan ribuan orang. Pastinya, hal ini akan sangat merepotkan.
Dengan semakin majunya perkembangan era teknologi saat ini, membuat banyak sekali pengembang yang membuat program absen online, di mana aplikasi ini bisa dengan mudah Anda temukan dan dapatkan.
Proses absen setiap karyawan perusahaan merupakan hal yang sangat vital, karena setiap pencatatan jam hadir pada daftar hadir di kartu yang akan dilakukan dapat mempengaruhi gaji bersih atau take home pay yang diterima setiap bulannya.
Maka dari itu, agar risiko tidak tercatat dan bisa dilakukan dengan lebih efisien, kini banyak perusahaan-perusahaan di Indonesia yang memutuskan untuk menggunakan aplikasi absen online.
Lalu, apakah absensi online itu sendiri? Berikut adalah penjelasan mengenai absensi online secara lebih mendalam.
Sebelum membahas lebih jauh mengenai pemahaman dari aplikasi atau program dari absen online karyawan pada suatu perusahaan, ada baiknya untuk memahami lebih dulu pengertian dari absensi karyawan itu sendiri.
Bisa dikatakan, absensi karyawan merupakan sebuah data yang memperlihatkan keterangan dari kehadiran seorang karyawan perusahaan setiap harinya pada perusahaan di mana mereka bekerja.