5 Aplikasi Pengukur Jarak, Mengukur Hanya Bermodal Smartphone

Siska Permata Sari · Sabtu, 20 Februari 2021 - 08:41:00 WIB
5 Aplikasi Pengukur Jarak, Mengukur Hanya Bermodal Smartphone
Smart Measure (Foro: Google Play Store)

JAKARTA, iNews.id  - Aplikasi pengukur jarak kini sudah tersedia di smartphone dan banyak macamnya. Ya, di zaman serba digital ini, tampaknya segala hal dapat dilakukan lewat smartphone, termasuk mengukur jarak.

Cara kerja aplikasi ini dapat menggunakan teknologi Augmented Reality, GPS, dan kamera untuk mengukur jarak dari satu titik ke titik berikutnya. Dengan teknologi itu, aplikasi pengukur jarak ini tidak jarang memberikan hasil yang akurat.

Penasaran apa saja sih aplikasi pengukur jarak di smartphone? Simak daftarnya seperti dirangkum pada Sabtu (19/2/2021).

Easy Measure

Di urutan pertama ada Easy Measure. Ini merupakan aplikasi pengukur jarak yang menggunakan lensa kamera smartphone Anda. Aplikasi yang tersedia di Android dan iOS ini memiliki user interface yang sangat ramah pengguna dengan mesin 3-D. 

Aplikasi ini juga memungkinkan pengguna berbagi hasilnya melalui berbagai situs jejaring sosial seperti Facebook, email, atau Twitter.

Moasure

Berikutnya ada Moasure. Ini adalah aplikasi pengukur jarak yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. Moasure juga multifungsi karena bisa menjadi penggaris, busur derajat, dan goniometer. Aplikasi yang tersedia di iOS ini juga tidak memerlukan sinar laser, pita, string, atau bahkan kamera, tetapi cukup akselerometer dan giroskop dari smartphone.

Moasure dapat mengukur jarak, perbedaan ketinggian, dan bahkan sudut antara dua titik gerakan Anda. Aplikasi ini bekerja hingga 300mts dan  menawarkan akurasi 99 persen dalam pengukuran.

Smart Distance

Aplikasi pengukur jarak selanjutnya adalah Smart Distance yang hanya tersedia di Android. Aplikasi ini menggunakan kamera perangkat untuk menghitung jarak. 

Cara menggunakannya juga mudah. Anda hanya perlu menginstal aplikasi, mengarahkan kamera ke objek, menandai titik yang akan diukur, dan mendapatkan jarak yang akurat. Anda juga dapat mengukur beberapa objek dan jarak sekaligus, dan membagikan pengukuran Anda pada siapapun.

Editor : Dini Listiyani

Halaman : 1 2