Belum Setahun, Facebook Matikan Aplikasi Eksperimental Mirip Pinterest

Dini Listiyani ยท Rabu, 01 Juli 2020 - 16:08 WIB
Belum Setahun, Facebook Matikan Aplikasi Eksperimental Mirip Pinterest

Aplikasi eksperimental mirip Pinterest, Hobbi (Foto: Facebook)

MENLO PARK, iNews.id - Facebook belum lama ini meluncurkan aplikasi eksperimental Hobbi. Namun, raksasa jejaring sosial sudah menutup aplikasi bergaya Pinterest tersebut.

Hobbi pertama kali tiba di iOS pada Februari sebagai salah satu aplikasi dari grup R&D internal Facebook, NPE Team. Pengguna Hobbi sekarang telah diberitahu lewat push notification, aplikasi dimatikan pada 10 Juli 2020.

Bagi yang asing dengan nama Hobbi, aplikasi ini memungkinkan pengguna meng-export data mereka dari pengaturannya. Menurut Sensor Tower, dalam beberapa bulan ini, Hobbi telah memperoleh 7.000 unduhan di App Store AS.

Apptopia juga melaporkan, aplikasi Hobbi memiliki kurang dari 10 ribu unduhan dan melihat keuntungan minimal selama Mei dan Juni. Meskipun Hobbi mengambil konsep Pinterest, aplikasi tidak dirancang untuk menjadi pinboard ide-ide inspirasional, sebagaimana dikutip dari Tech Crunch, Rabu (1/7/2020).

Sebagai gantinya, pengguna Hobbi akan mengatur foto proyek mereka seperti berkebun, memasak, arts & crafts, dekorasi, dan banyak lagi ke dalam semacam bukan harian visual. Tujuannya adalah untuk memotret kemajuan proyek dari waktu ke waktu, menambahkan teks guna menggambarkan langkah-langkah sesuai kebutuhan.

Hasil akhirnya akan menjadi sorotan utama dari semua langkah yang dapat diterbitkan secara eksternal saat proyek usai. Tapi, Hobbi adalah aplikasi bare bones. Tidak ada yang bisa dilakukan selain mendokumentasikan proyek Anda sendiri.

Anda tidak bisa menelusuri dan menonton proyek yang dibuat pengguna lain, di luar beberapa sampel. Selain itu, Anda juga tidak bisa mengikuti top users di seluruh layanan.

Editor : Dini Listiyani