Cara Bikin Dua Akun WhatsApp dalam Satu Smartphone

Dini Listiyani ยท Minggu, 22 Maret 2020 - 12:05 WIB
 Cara Bikin Dua Akun WhatsApp dalam Satu Smartphone

Aplikasi WhatsApp (Foto: Pixabay)

JAKARTA, iNews.id - Kebanyakan smartphone Android di pasar Indonesia saat ini mendukung dual-SIM card slot. Berkat dukungan tersebut, pengguna dapat menggunakan dua nomor berbeda dalam satu smartphone.

Meski mendukung dual-SIM card, Anda tidak dapat menggunakan keduanya untuk WhatsApp. Beruntung, perusahaan seperti Xiaomi, Samsung, Vivo, Oppo, Huawei, dan Honor sekarang menawarkan fitur Dual Apps atau Dual Mode.

Fitur Dual Apps atau Dual Mode memungkinkan penggunanya menjalankan dua akun berbeda di aplikasi chat yang sama. Artinya, Anda tidak perlu membawa dua smartphone hanya untuk menggunakan lebih dari satu akun.

Penasaran bagaimana caranya? Pertama, mari dimulai dengan nama dan lokasi setiap produsen. Xiaomi (MIUI): Dual Apps, Samsung: Dual Messenger, Oppo: Clone Apps, Vivo: App Clone, dan Huawei dan Honor: App Twin, yang semuanya dapat ditemukan dalam pengaturan ponsel.

Nah, sekarang beralih ke panduan bagaimana cara untuk menggunakan fitur Dual Apps tersebut di smartphone. Yuk, ikuti langkah-langkah berikut ini sebagaimana dikutip dari Gadgetnow, Minggu (22/3/2020).

1. Buka Pengaturan Opsi Dual Apps yang Ada di Smartphone.
2. Pilih aplikasi yang ingin Anda duplikat. Dalam kasus ini aplikasi yang ingin diduplikat adalah WhatsApp.
3. Tunggu proses hingga selesai.
4. Kini, arahkan ke layar home dan tap pada logo WhatsApp kedua yang terlihat di app launcher.
5. Konfingurasikan dengan nomor telepon lain.

Perhatikan ada beberapa ponsel, perangkat Android One dan perangkat yang menawarkan stock Android, yang tidak datang dengan fitur dual apps. Jadi, ada aplikasi serupa yang dapat digunakan seperti Parallel, Dual App wizard, DoubleApp, dan banyak lagi yang bisa ditemukan di Google Play. Pengguna dapat mengunduh aplikasi tersebut untuk menjalankan dua akun.

Editor : Dini Listiyani