Kominfo Bikin Chatbot WhatsApp Terkait COVID-19 di Indonesia

Dini Listiyani ยท Kamis, 19 Maret 2020 - 17:13 WIB
Kominfo Bikin Chatbot WhatsApp Terkait COVID-19 di Indonesia

Menkominfo Johnny G. Plate (Foto: Kominfo)

JAKARTA, iNews.id - Kementerian Kominfo dan Informatika (Kominfo) bekerja sama dengan WhatsApp untuk menyebarkan informasi yang valid terkait virus korona COVID-19. Kerja sama tersebut direalisasikan lewat pembuatan chatbot WhatsApp.

Kominfo bekerja sama dengan WhatsApp (Facebook) dan Telkom Group untuk membangun chatbot WhatsApp yang dapat diakses publik. Chatbot WhatsApp itu akan diberi nama COVID-19.go.id.

"Nomor akan dipublikasikan secepatnya," kata Menteri Komunikasi Informati (Menkominfo) Johnny G. Plate dalam Konferensi Pers: Update Kesiapan Kominfo Dukung Social Distancing yang disiarkan lewat channel YouTube Kominfo, Kamis (19/3/2020).

Publik dapat berinteraksi dengan akun WhatsApp COVID-19 untuk memperoleh informasi secara interaktif melalui chatbot. Konten akun COVID-19.go.id akan disedikan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

WhatsApp dan Facebook memberikan kebijakan khusus untuk menyampaikan pesan blast tidak kepada semua negara. Saat ini hanya dua negara yang diberikan kebijakan khusus pesan WhatsApp blast yakni Singapura dan Indonesia.

Rencananya, chatbot dan pesan WhatsApp blast diharapkan akan mulai diuji coba pada Jumat, 20 Maret 2020. Dalam kesempatan yang sama, Menkominfo juga mengungkapkan Kominfo juga menyediakan kanal informasi bagi PNPB dan Kemenkes dalam menyebarluaskan informasi pandemi COVID-19.

Kanal informasi yang sudah aktif di antaranya SMS blast dengan sender BNPB melalui operator seluler, call center 119, dan public service announcement. Kominfo juga menetapkan nomor baru pelayanan darurat 117 yang secara eksklusif digunakan BNPB. Oleh karena itu, Menkominfo meminta operator telekomuikasi membuka koneksinya sesegera mungkin.

Editor : Dini Listiyani