5 Cara Menghilangkan Virus di HP Android Paling Mudah

Dini Listiyani · Kamis, 21 Januari 2021 - 13:05:00 WIB
5 Cara Menghilangkan Virus di HP Android Paling Mudah
Cara Menghilangkan Virus di HP (Foto: Unsplash)

JAKARTA, iNews.id - Cara menghilangkan virus di hp sangat mudah. Anda bisa secara mudah menghilangkan virus di hp Android hanya dengan beberapa langak sederhana. 

Layaknya komputer, ponsel Android Anda dapat menjadi korban malware. Malware bisa memperlambat sistem Anda dan menciptakan gangguan yang membuat sulit menggunakan telepon. 

Anda harus menghentikannya dengan cepat untuk melindungi ponsel. Ada langkah-langkah yang dapat Anda lakukan untuk menghapus malware atau virus dan melindungi ponsel Anda di masa mendatang.

Ada beberapa opsi untuk perlindungan dan aplikasi antivirus yang dapat Anda gunakan untuk memulihkan kesehatan ponsel Anda dan menjaganya tetap aman di masa mendatang, sebagaimana dikutip dari Digital Trends, Kamis (21/1/2021).

1. Matikan Perangkat

Usai Anda yakin ponsel diserang oleh malware, tahan tombol daya dan matikan ponsel sepenuhnya. Cara ini mungkin tidak menghentikan malware yang menyebabkan kerusakan, tapi dapat menghentikan masalah menjadi buruk. 

Mematikan perangkat juga memberi Anda waktu untuk berpikir dan meneliti. Apakah Anda tahu aplikasi tertentu yang terinfeksi yang membawa malware ke perangkat Anda? Jika Anda tidak dapat menemukan aplikasi sebagai akar masalahnya, Anda tidak dapat menghapusnya.

2.  Beralih ke Safe Mode

Saat Anda menghidupkan kembali perangkat dan masuk untuk mengisolasi aplikasi yang bermasalah, alihkan ke mode aman terlebih dahulu. Ini akan membantu membatasi kerusakan yang dapat dilakukan aplikasi yang terinfeksi.

Untuk sebagian besar perangkat Android, Anda dapat beralih ke mode aman dengan menahan tombol daya selama beberapa detik saat perangkat aktif, lalu ketuk dan tahan opsi Matikan. 

Cara ini akan memunculkan beberapa opsi daya, termasuk untuk Reboot ke Safe mode. Pilih mode ini dan tunggu ponsel Anda melakukan reboot sebelum Anda melanjutkan. Jika Anda tidak dapat menemukan mode aman, aktifkan mode pesawat sebagai gantinya, untuk memutuskan perangkat Anda dari jaringan mana pun. Anda biasanya dapat menemukan opsi itu di bagian atas bayangan pemberitahuan Anda.

3. Arahkan ke Settings dan Temukan Aplikasi

Kunjungi Settings di perangkat Android Anda. Pengaturan biasanya memiliki ikon roda gigi, tapi itu tergantung pada tema dan pengaturan Anda. Cari jika Anda kesulitan menemukan tempat yang tepat.

Di Pengaturan, gulir hingga Anda melihat bagian bernama Aplikas dan masukkan. Cari daftar semua aplikasi Anda saat ini. Anda mungkin perlu memilih Manajer Aplikasi untuk menemukan daftar lengkapnya. Sesampai di sana, gulir hingga Anda menemukan aplikasi yang terinfeksi di tengah masalah Anda.

Pilih aplikasinya, dan ini akan memunculkan opsi untuk Uninstall, Force Close, atau Force Stop (seringkali Anda tidak dapat menghapus aplikasi inti, hanya menonaktifkannya, tetapi aplikasi ini tidak mungkin menjadi masalah).

Editor : Dini Listiyani

Halaman : 1 2