Elon Musk Pamer Robot Humanoid Bernama Optimus, Segini Harganya

Dini Listiyani ยท Sabtu, 01 Oktober 2022 - 12:04:00 WIB
Elon Musk Pamer Robot Humanoid Bernama Optimus, Segini Harganya
Elon Musk Pamer Robot Humanoid Bernama Optimus (Foto: Tesla)

JAKARTA, iNews.id - CEO Tesla Elon Musk memamerkan prototipe robot humanoid Optimus. Robot yang diperkenalkan dalam 2022 AI Day Tesla dilengkapi sensor AI dengan fitur bantuan pengemudi autopilot mobilnya. 

Pada awal presentasi, Musk mengakui mereka memiliki seorang pria berjas tahun lalu, tapi menjanjikan sesuatu yang jauh lebih mengesankan sekarang. Menurut Musk, prototipe bisa melakukan lebih dari apa yang ditampilkan secara langsung, tapi pertama kali berjalan tanpa tambatan malam ini di atas panggung. 

Musk memperkirakan robot bisa mencapai harga kurang dari 20.000 dolar AS atau Rp305 juta. Dia mengklaim, Optimus dibuat untuk produksi massal dalam jutaan uni dan sangat mimpuni. 

Saat dia mengatakan itu, tim pekerja memindahkan prototipe non-berjalan ke luar panggung di belakangnya. Awalnya, pintu belakang panggung terbuka untuk menampilkan Optimus yang didekonstruksi yang oleh tesla disebut "Bumble C" yang berjalan ke depan dan melakukan gerakan tarian "angkat atap". 

Musk mengakui mereka ingin menjaganya tetap aman, tidak membuat terlalu banyak gerakan di atas panggung, dan membuatnya "jatuh tersungkur." 

Setelah itu, perusahaan menunjukkan beberapa klip video robot yang melakukan tugas lain seperti mengambil kotak. Kemudian tim Tesla mengeluarkan prototipe lain yang menunjukkan versi "sangat dekat dengan produksi" dari Optimus dengan bodi yang dirakit sepenuhnya tetapi tidak berfungsi sepenuhnya.

Robot diangkat di atas dudukan dan melambaikan tangan kepada penonton, menunjukkan rentang gerak pergelangan tangannya dan tangan. Musk mengklaim unit ini (yang dikeluarkan dan akhirnya digulingkan oleh tim pekerja) masih berisi aktuator, baterai, dan semuanya, tetapi “belum siap untuk berjalan.

Editor : Dini Listiyani

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda