Intip Cara Mudah Lindungi Smartphone dari Malware

Siska Permata Sari ยท Minggu, 28 Juni 2020 - 09:03 WIB
Intip Cara Mudah Lindungi Smartphone dari Malware

Cara melindungi ponsel dari malware (Foto: Unsplash)

JAKARTA, iNews.id - Malware atau malicious software telah menjadi musuh banyak pengguna ponsel sejak lama. Pasalnya, malware tersebut dapat membahayakan dan merusak ponsel Anda.

Berdasarkan data Kaspersky Lab pada 2011, mereka mendeteksi 82.000 variasi malware yang menunggu untuk menyerang ponsel yang rentan. Hal ini tentunya menyeramkan, terutama bagi Anda yang segalanya berada dalam ponsel seperti data pribadi, uang, pekerjaan dan data-data penting lainnya.

Oleh karena itu penting untuk melindungi ponsel Anda dengan langkah-langkah proteksi yang maksimal. Berikut langkah-langkahnya, seperti dilansir dari Life Hack, Minggu (28/6/2020).

Gunakan sumber aplikasi terpercaya

Hal nomor satu yang dapat Anda lakukan untuk melindungi ponsel Anda dari malware adalah berhati-hatilah dalam mengunduh aplikasi. Sebaiknya, dapatkan aplikasi dari sumber terpercaya seperti Google Play Store. Sebab sebagian besar program malware menargetkan pengguna Android yang rentan secara spesifik, jadi pastikan untuk mendapatkan aplikasi Anda melalui sumber terpercaya.

Selain itu, teliti aplikasi itu sebelum Anda mengunduhnya. Mulai dari mempelajari tentang pengembang dan aplikasi lain yang telah mereka buat. Membaca ulasan profesional dan pengguna untuk melihat apakah ada kekurangan atau bug dalam aplikasi, serta membaca detail untuk melihat sesuatu mencurigakan dalam deskripsi aplikasi tersebut.

Pakai kata sandi

Tujuan utama malware adalah untuk mengganggu operasi atau mengumpulkan informasi pribadi / sensitif sehingga salah satu langkah yang dapat diambil untuk melindungi ponsel Anda dari sumber luar adalah mengatur kata sandi.

Double protect juga lebih disarankan. Misalnya, pemindaian sidik jari atau face unlock dan ditambah kode sandi menggunakan angka atau kata. Ini mungkin bukan perlindungan malware, tetapi itu adalah perlindungan spyware dan cara yang bagus untuk bertahan melawan intrusi.

Instal aplikasi perlindungan untuk malware

Sama seperti Anda dapat mengunduh perlindungan virus untuk komputer, Anda juga dapat menggunakan perangkat lunak jenis ini untuk melindungi ponsel Anda. Banyak pengembang yang menyediakan aplikasi seperti ini. Namun seperti yang disebutkan di poin sebelumnya, dapatkan aplikasi dari sumber terpercaya.

Perbarui sistem operasi Anda

Langkah terakhir, yakni pastikan untuk terus memperbarui sistem operasi (OS) Anda segera setelah versi baru tersedia, karena menjalankan OS yang ketinggalan zaman adalah sasaran empuk bagi malware.

Editor : Dini Listiyani