Jual Foto Selfie dengan KTP sebagai NFT, Ini Bahaya yang Bisa Ditimbulkan

Intan Rakhmayanti Dewi ยท Senin, 17 Januari 2022 - 13:13:00 WIB
Jual Foto Selfie dengan KTP sebagai NFT, Ini Bahaya yang Bisa Ditimbulkan
Jual Foto Selfie dengan KTP sebagai NFT, Ini Bahaya yang Bisa Ditimbulkan (Foto: Unsplash)

JAKARTA, iNews.id - Binis Non Fungible Token (NFT) menjadi perbincangan hangat belakangan ini. Hal ini dipicu oleh pemuda bernama Ghozali Everyday yang sukses menjual foto selfie dalam bentuk NFT. 

Namun, ada juga yang mencoba menjual foto selfie dengan KTP mereka. Tentu saja, foto selfie bersama dengan data kependudukan itu sangat berbahaya bagi pemiliknya. 

Dirjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri Zudan Arif Fakrulloh mengatakan, menjual foto dokumen kependudukan dan melakukan foto selfie dengan dokumen KTP  di sampingnya untuk verivali tersebut sangat rentan adanya tindakan fraud, kejahatan oleh ‘pemulung data’ atau pihak-pihak tidak bertanggung jawab. Sebab data kependudukan tersebut dapat dijual kembali atau digunakan dalam transaksi ekonomi online seperti pinjaman online

"Ketidakpahaman penduduk terhadap pentingnya melindungi data diri dan pribadi menjadi isu penting yang harus disikapi bersama-sama oleh semua pihak." katanya dalam keterangan pers.

Berkaitan dengan kegiatan ekonomi online, Zudan mengimbau kepada masyarakat agar lebih selektif dalam memilih pihak-pihak yang dapat dipercaya, terverifikasi dan memberikan jaminan kepastian kerahasiaan data diri, atau pribadi.

Editor : Dini Listiyani

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: