Jumlah Pengguna WhatsApp Kini Capai 2 Miliar

Dini Listiyani ยท Kamis, 13 Februari 2020 - 10:45 WIB
Jumlah Pengguna WhatsApp Kini Capai 2 Miliar

Aplikasi WhatsApp (Foto: Pixabay)

MENLO PARK, iNews.id - WhatsApp mengumumkan pencapaian baru. Platform perpesanan milik Facebook ini telah mendukung lebih dari dua miliar pengguna di seluruh dunia.

WhatsApp mengatakan telah mengumpulkan dua miliar pengguna, naik dari 1,5 miliar yang terungkap 2 tahun lalu. Pencapaian WhatsApp membuatnya menjadi aplikasi kedua Facebook yang mempunyai dua miliar pengguna.

Pada saat yang sama, WhatsApp, yang diambil Facebook 6 tahun lalu juga menegaskan mereka berkomitmen menyediakan enkripsi end-to-end kepada pelanggan di seluruh dunia. Fitur akan membantu menjaga pesan tetap aman.

"Enkripsi yang kuat bertindak seperti kunci digital yang tidak dapat dipecahkan, yang menjaga informasi yang Anda kirim melalui WhatsApp aman, membantu melindungi Anda dari hacker dan penjahat. Pesan hanya disimpan di ponsel dan tidak seorang pun di antara mereka dapat membaca pesan Anda atau mendengarkan panggilan Anda, bahkan kami pun tidak. Percakapan pribadi Anda tetap ada di antara Anda," kata WhatsApp dalam unggahan di blog, sebagaimana dikutip dari Tech Crunch, Kamis (13/2/2020).

Meski aman, fitur enkripsi end-to-end rupanya tidak disukai oleh sejumlah pemerintah. Negara yang memaksa WhatsApp untuk melepaskan fitur enkripsi end-to-end di antaranya adalah India, Australia, dan Amerika Serikat.

Chief Executive WhatsApp Will Cathcart telah mengatakan di masa lalu platform pengiriman pesan akan memperjuangkan privasi para penggunanya. Ini dipamerkan pada Oktober lalu, saat WhatsApp mengajukan gugatan di pengadilan federal yang menuduh NSO Group menciptakan sebuah eksploit yang digunakan ratusan kali untuk meretas ponsel target.

"Enkripsi yang kuat adalah keharusan dalam kehidupan modern. Kami tidak akan berkompromi pada keamanan karena itu akan membuat orang kurang aman. Untuk perlindungan yang lebih banyak, kami bekerja dengan para pakar keamanan top, menggunakan teknologi terkemuka di industri untuk menghentikan penyalahgunaan serta menyediakan kontrol dan cara melaporkan masalah tanpa mengorbankan privasi," kata WhatsApp.

Milestone dua miliar adalah prestasi besar bagi WhatsApp. Platform memperoleh popularitas besar tanpa pemasaran di pasar berkembang seperti India, di mana panggilan dan teks cukup mahal bagi kebanyakan orang. Tidak ada aplikasi di India saat ini yang mempunyai penetrasi lebih besar dari WhatsApp.

Editor : Dini Listiyani