Ketahui Cara Mengatur Autentikasi Dua Faktor di WhatsApp

Dini Listiyani ยท Rabu, 19 Februari 2020 - 06:45 WIB
Ketahui Cara Mengatur Autentikasi Dua Faktor di WhatsApp

Cara mengaktifkan autentikasi dua faktor di WhatsApp (Foto: Android Pit)

JAKARTA, iNews.id - WhatsApp adalah aplikasi perpesanan yang banyak digunakan di luar sana. Aplikasi gratis dan tanpa iklan, sehingga menjadi daya pikat sendiri bagi penggunanya.

Dengan sistem pesan dan suara, kemampuan untuk melakukan panggilan suara serta video, WhatsApp menawarkan layanan yang sebanding dengan telepon. Banyak orang menggunakan WhatsApp untuk perluan sehari-hari dan membagikan banyak data pribadi.

Oleh karena itu, penting untuk menjaga keamanan WhatsApp. Supaya lebih aman, Anda bisa saja mengatur autentikasi dua faktor untuk akun WhatsApp sendiri.

Fitur autentikasi dua faktor sangat berguna saat Anda masuk ke WhatsApp di perangkat lain untuk menambah keamanan ke profil pengguna. Nah, berikut ini cara untuk mengaktifkan fitur autentikasi dua faktor tersebut, sebagaimana dikutip dari Android Pit, Rabu (19/2/2020).

1. Buka aplikasi WhatsApp di ponsel Anda.
2. Tekan titik tiga di sudut kanan atas.
3. Tekan Settings
4. Tekan Account.
5. Kemudian tekan Two-step Verification.
6. Tekan Activate.
7. Enter kode PIN yang sudah dipersonalisasikan sebelum mengklik 'next.'
8. Re-enter kode PIN yang dipersonalisasikan.
9. Press Confirm.
10. Enter alamat e-mail sebelum klik next.
11. Re-enter alamt e-mail
12. Tekan Save
13. Terakhir, tekan Done.

Autentikasi dua faktor yang dibayangkan oleh WhatsApp mempunyai konfigurasi yang tidak biasa. Tapi, keamanan data cukup penting untuk dilakukan. Satu-satunya kendala kecil dari fitur ini adalah mengingat kode PIN WhatsApp khusus ini yang akan jarang digunakan.

Editor : Dini Listiyani