Niantic Bakal Serahkan Pembuatan Kacamata Pintar AR ke Pihak Ketiga

Dini Listiyani ยท Jumat, 31 Juli 2020 - 21:05 WIB
Niantic Bakal Serahkan Pembuatan Kacamata Pintar AR ke Pihak Ketiga

Niantic bakal serahkan pembuatan kacamata pintar AR ke pihak ketiga (Foto: Niantic)

SAN FRANCISCO, iNews.id - Pengembang Pokemon GO, Niantic berencana membuat satu set kacamata pintar augmented reality (AR). Namun, pengembang tidak berniat untuk membuatnya sendiri.

Niantic telah mengumumkan Desember lalu akan bekerja pada satu set kacamata pintar AR menggunakan teknologi chipset Qualcomm. Lalu, game seperti Pokemon GO dan Ingress dapat diintegrasikan ke dalam real world.

Pada saat itu, kedua perusahaan mengatakan, hardware Niantic akan menggunakan Platform Snapdragon XR2. Snapdragon XR2 adalah chipset baru yang dirancang Qualcomm untuk pengalaman mixed reality tidak tertambat.

Chipset akan menggabungkan prosesor Snapdragon dengan konektivitas 5G opisonal. Lalu menampilkan transparan dengan bidang pandang yang luas. Resolusi hingga 3K per mata didukung juga di sini, sebagaimana dikutip dari Slash Gears, Jumat (31/7/2020).

Soal desain, Niantic berjanji akan mendesainnya sendiri bersama dengan software dan komponen cloud yang menginginkan perangkat itu untuk Real World Platform. Hal itu termasuk game dan elemen sosial dan pemetaan yang menjembatani pengalaman AR dengan dunia nyata.

Di Pokemon GO Buddy Adventure, misalnya, beberapa pemain dapat berinteraksi dengan Pokemon secara bersamaan melalui kamera AR pada smartphone mereka. Namun, pada Desember lalu tidak dikonfirmasi siapa yang akan membuat kacamata pintar tersebut.

Kini, Niantic mengungkapkan rencana tersebut. Perusahaan game ini berencana untuk menyerahkan pembuatan kacamata pintar AR sepenuhnya kepada produsen pihak ketiga.

“Kami tidak membangun hardware kami sendiri, kami juga tidak punya rencana untuk melakukannya. Namun, mengingat posisi unik kami sebagai ahli dalam industri AR dan lokasi, kami berbicara dengan banyak orang tentang kesempatan bagi mereka membangun hardware. Hubungan kami dengan Qualcomm adalah pernyataan yang sangat umum. Kami akan bekerja dengan mereka untuk desain referensi tentang apa yang kami pikir seperti pengalaman Niantic terbaik di kelasnya dalam bentuk perangkat keras baru, tetapi itu bukan sinyal niat untuk membangun perangkat keras itu sendiri,” kata Niantic.

Editor : Dini Listiyani