Pokemon GO Tak Akan Lagi Dukung Perangkat 32-bit

Sindonews ยท Selasa, 16 Juni 2020 - 14:48 WIB
Pokemon GO Tak Akan Lagi Dukung Perangkat 32-bit

Pokemon GO (Foto: Pokemon GO)

JAKARTA, iNews.id - Game Pokemon GO tidak akan lagi mendukung ponsel Android 32-bit. Dukungan akan mulai ditinggalkan pada Agustus 2020.

Niantic mengeluarkan pernyataan singkat yang menjelaskan perlunya perubahan untuk merampingkan proses pengembangannya. Studio game ini juga fokus untuk mendukung perangkat dan sistem operasi yang lebih baru.

Setelah "dimatikan", Anda tidak akan lagi dapat mengakses akun Pokemon GO dari perangkat lama. Gamer harus bermigrasi ke perangkat 64-bit yang lebih baru jika ingin melanjutkan pencarian menangkap Pokemon.

Niantic juga merekomendasikan gamer untuk mencadangkan info akun dan kata sandinya. Pengembang ikut membagikan daftar sampel perangkat 32-bit yang akan kehilangan dukungan pada Agustus. Antara lain:
- Samsung Galaxy S4, S5, Note 3, J3
- Sony Xperia Z2, Z3
- Motorola Moto G (generasi 1)
- LG Fortune
- OnePlus One
- HTC One (M8)
- ZTE Overture 3
- Banyak perangkat Android yang dirilis sebelum 2015

Hambatan potensial lain dengan mematikan dukungan 32-bit untuk Pokemon GO ialah banyak handphone dengan chipset 64-bit masih menjalankan versi Android 32-bit. Ini berarti mereka juga akan kehilangan dukungan.

Laman GSM Arena menyebutkan, ini termasuk ponsel yang diluncurkan pada tahun lalu sehingga bakal menjadi kekecewaan besar bagi penggemar Pokemon.

Sekelompok penggemar dari subreddit yang berfokus pada Pokemon GO berhasil menyusun daftar ponsel yang beroperasi pada OS 32-bit. Tercatat sudah ada hampir 60 smartphone di sana dan terus bertambah.

Jika Anda tidak tidak tahu apakah handphone yang ada digenggaman berkategori Android 32-bit atau 64-bit, SINDOnews menyarankan untuk mengunduh aplikasi Bencmark AnTuTU.

Lalu buka aplikasi dan untuk melihat smartphone Android 32-bit atau 64-bit, Anda bisa ke bagian pemberitahuan. Di sini kita bisa melihat informasi jenis ponsel Android yang digunakan, apakah termasuk golongan 32-bit atau 64-bit.

Editor : Dini Listiyani