Pandemi Corona, Apple Music Siapkan Dana Rp811 Miliar untuk Label Musik Indie

Siska Permata Sari ยท Rabu, 08 April 2020 - 22:17 WIB
Pandemi Corona, Apple Music Siapkan Dana Rp811 Miliar untuk Label Musik Indie

Apple Music (Foto: Apple)

JAKARTA, iNews.id - Apple Music baru saja mengumumkan akan memberikan dana royalti 50 juta dolar AS atau sekitar Rp811 miliar untuk membantu label musik indie berjuang melalui pandemi virus korona (COVID-19). Mengingat industri musik juga terkena dampak ekonomi dari penyebaran virus ini.

“Ini adalah masa-masa sulit bagi industri musik secara global," tulis pernyataan resmi Apple seperti dikutip dari Rolling Stone, Rabu (7/4/2020).

Menurut Apple, industri musik adalah salah satu yang terkena dampak, terutama bagi musisi-musisi dalam naungan label indie. Para musisi kini tidak bisa lagi mengandalkan mata pencaharian mereka lewat konser atau manggung di tengah-tengah pandemi ini.

“Apple memiliki sejarah yang panjang, berdekade-dekade dengan musik, dan kami bangga dapat bermitra erat dengan label dan artis terbaik di dunia. Kami ingin membantu,” tulisnya.

Oleh sebab itu, Apple Music mengumumkan penciptaan dana 50 juta dolar AS sebagai uang muka royalti masa depan untuk label independen demi membantu mereka membayar artis dan mempertahankan operasional.

“Uang muka royalti akan ditawarkan kepada label independen dengan kesepakatan distribusi Apple Music langsung yang memenuhi batas kuartalan minimum 10.000 dolar AS dalam pendapatan Apple Music,” jelasnya.

Seperti diketahui, industri musik pada umumnya telah terpukul oleh pandemi yang sedang berlangsung ini. Banyak tur konser, serta festival musik besar seperti Coachella dan South by Southwest telah ditunda atau dibatalkan. 

Kebanyakan musisi juga banyak yang mengandalkan pendapatan tur, konser, seperti halnya pekerja venue, manajer tur, dan banyak anggota kru lainnya.

Selain Apple Music, Recording Academy juga memberikan dana bantuan COVID-19 senilai 2 juta dolar AS dengan lengan nirlaba MusiCares, dan mendapat sumbangan beberapa juta dolar lebih dari perusahaan musik profil tinggi termasuk Spotify, StubHub, Universal Music Group dan Warner Music Group. 

Raksasa promosi, Live Nation, juga berkomitmen memberikan 10 juta dolar AS untuk dana bantuan yang baru, Crew Nation demi membantu pekerja yang saat ini kehilangan pekerjaan.

Editor : Dini Listiyani