Pandemi Covid-19, Niagahoster Catat Kenaikan Aktivitas Hosting untuk Membuat Website

Dini Listiyani ยท Kamis, 25 Juni 2020 - 19:32 WIB
Pandemi Covid-19, Niagahoster Catat Kenaikan Aktivitas Hosting untuk Membuat Website

Ilustrasi bermain laptop (Foto: Unsplash)

JAKARTA, iNews.id - Pandemi corona (Covid-19) memengaruhi segala sektor, termasuk bisnis dan UMKM. Supaya dapat bertahan saat ini, UMKM perlu mengubah cara lama mereka.

Perubahan perilaku masyarakat akibat aturan physical distancing menjadi faktor bisnis UMKM beradaptasi di era baru ini. Kurangnya pertemuan tata muka meningkatkan aktivitas di dunia maya.

Mulai dari bekerja, berinteraksi, mencari informasi, hingga jual-beli semua beralih ke online. Kebiasaan baru masyarakat ini disinyalir dapat mendorong UMKM untuk turut melakukan transformasi digital.

Perusahaan penyedia layanan web-hosting, Niagahoster melihat adanya tren dan kecenderungan baru pemilik bisnis dan UMKM di masa pandemi. Bila biasanya aktivitas hosting pada kuartal kedua (Q2) mengalami penurunan, tahun ini mereka justru melihat peningkatan.

Niagahoster menemukan adanya kenaikan aktivitas hosting untuk keperluan membuat website sebesar 11,16 persen di April 2020. Lalu, 7,25 persen di bulan berikutnya.

"Biasanya, di kuartal 2 tiap tahun atau memasuki bulan puasa, kami mengalami penurunan karena fokus masyarakat adalah membeli kebutuhan-kebutuhan primer dan sekunder. Namun, karena pandemi ini, kebutuhan masyarakat untuk go online terbukti meningkat," kata Senior Data Analyst Niaghoster Yogi Maulana saat konferensi pers, Kamis (25/6/2020).

Kenaikan aktivasi hosting ini dibarengi dengan peningkatan jumlah pemilih bisnis yang memiliki website di Niagahoster yakni meningkat sebesar 32,96 persen di April. Seperti diketahui, April 2020 adalah bulan diberlakukannya aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di sejumlah kota di Indonesia.

"Dari data kami, lebih dari 70 persen pemilik bisnis yang kami survei di kuartal II 2020 memiliki website untuk mengembangkan usaha mereka," ujar Yogi.

Editor : Dini Listiyani