Pemain Fortnite Kini Bisa Mute Emote Rickroll untuk Menghindari Klaim Hak Cipta

Dini Listiyani ยท Sabtu, 22 Februari 2020 - 11:08 WIB
Pemain Fortnite Kini Bisa Mute Emote Rickroll untuk Menghindari Klaim Hak Cipta

Pemain Fortnite Kini Bisa Mute Emote Rickroll (Foto: Epic Games)

SAN FRANCISCO, iNews.id - Fortnite memperkenalkan emote yang terinspirasi Rick Astley sekitar satu minggu lalu. Kehadiran emote ini tampaknya tidak mendapatkan keluhan dari sejumlah pemainnya.

Saat seseorang menggunakan emote Never Gonna, bagian dari Astley yang terkenal, Never Gonna Give You Up mulai dimainkan. Kemudian, karakter mulai menari bersama.

Tambahan itu menandai salah satu lagu terbaik yang mendukung emote Fortnite. Nah, itulah yang menyebabkan masalah bagi para pemainnya Fortnite, terutama yang melakukan streaming.

Kreator YouTube yang memutar Fortnite dan mengunggah video yang menampilkan emote ditangkap sistem deteksi hak cipta oleh layanan berbagi milik Google ini. Pada dasarnya, perusahaan yang memiliki hak atas trek Astley mengklaim adanya pelanggaran hak cipta.

Lalu, kreator tidak dapat memperoleh uang dari video mereka. Tapi, kini Fortnite menyediakan pembaruan yang memungkinkan pemain PC me-mute musik dalam menanggapi keluhan.

Pengaturan saat ini hanya tersedia di PC. Tapi, pengembang Fortnite, Epic Games, berencana untuk membawanya ke semua platform lain.

"Mulai dari patch 12.00, kreator yang bermain di PC memiliki kemampuan me-mute musik dan suara emote yang berlisensi. Opsi ini akan tersedia di semua platform di patch mendatang. Arahkan ke Opsi Audio di menu Settings untuk mengaktifkan fitur ini," kata Fortnite melalui tweet di Twitter resminya.

Fortnite adalah salah satu game terbesar di dunia dan merupakan bagian inti dari komunitas game YouTube serta Twitch. Ada sejumlah streamer full-time dan kreator YouTube yang menghasilkan uang lewat streaming terkait dengan Fortnite.

Dikutip dari The Verge, Sabtu (22/2/2020), jika mereka tidak dapat memonetisasi konten karena pelanggaran hak cipta, maka bisa menimbulkan masalah keuangan para kreator konten. Epic memang telah melisensikan lagu Astley, tapi perusahaan tidak memikirkan bagaimana ini akan memengaruhi basis kreatornya.

Memberi pemain kemampuan untuk me-mute mungkin menghilangkan kesenangan dari emote. Tapi, ini adalah langkah terbaik yang bisa diambil Epic saat ini.


Editor : Dini Listiyani