Signal Diblokir di China, Pengguna Gagal Kirim Pesan 

Intan Rakhmayanti Dewi · Jumat, 19 Maret 2021 - 13:05:00 WIB
Signal Diblokir di China, Pengguna Gagal Kirim Pesan 
Signal Diblokir di China, Pengguna Gagal Kirim Pesan  (Foto: Signal)

BEJING, iNews.id -Signal tampaknya telah diblokir di China. Aplikasi perpesanan terenkripsi ini tidak lagi bisa digunakan di Negeri Tirai Bambu tersebut. 

Pengguna di China mengatakan mereka tidak bisa mendapatkan aplikasi untuk terhubung tanpa layanan VPN. Pesan gagal dikirim dan panggilan tidak berhasil, demikian dikutip dari NBC News, Jumat (19/3/2021)

Pengguna di China memang harus terhubung ke VPN terlebih dahulu agar dapat menghindari Great Firewall di China, sistem sensor yang memblokir situs web, layanan, dan aplikasi yang dianggap tidak pantas oleh pemerintah China.

Signal menjadi salah satu dari sedikit aplikasi perpesanan yang tersisa di China yang memungkinkan pengguna untuk menggunakan perpesanan terenkripsi. Aplikasi ini memang menggunakan enkripsi ujung-ke-ujung untuk layanan pesan dan panggilannya yang mencegah pihak ketiga mana pun untuk melihat konten percakapan atau mendengarkan panggilan.

Aplikasi tersebut baru-baru ini menjadi populer di kalangan pengguna di China yang khawatir tentang masalah privasi. Hingga diblokir,  jumlah pengguna Signal di negara tersebut masih tergolong kecil dibandingkan dengan aplikasi perpesanan WeChat yang sudah banyak digunakan. 

WeChat memiliki lebih dari satu miliar pengguna dan merupakan aplikasi utama untuk kehidupan sehari-hari di China berkat layanan pembayaran dan fitur media sosialnya.

Namun, pesan dan konten yang sensitif soal politik di WeChat sering kali disensor, bahkan pihak berwenang tak segan untuk menindak tegas pengguna karena menyebarkan rumor secara online.  

Editor : Dini Listiyani

Halaman : 1 2