Tips Membatasi Penggunaan Data di Aplikasi Facebook

Dini Listiyani ยท Rabu, 06 November 2019 - 07:01 WIB
Tips Membatasi Penggunaan Data di Aplikasi Facebook

Ilustrasi bermain Facebook (Foto: Android Pit)

JAKARTA, iNews.id - Facebook adalah salah satu aplikasi yang masih suka digunakan orang hingga sekarang. Terlalu lama bermain jejaring sosial ini tidak hanya menguras masa pakai baterai tapi juga data seluler di perangkat Anda.

Berselancar di Facebook terlalu lama terkadang dapat menyodot data seluler yang ada di perangkat. Supaya media sosial seperti Facebook tidak menyedot banyak data seluler, Anda sebenarnya bisa melakukan berbagai cara.

Penasaran seperti apa cara menyiasati agar Facebook tidak menguras data? Berikut ini cara yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi konsumsi daya di Facebook yang dirangkum dari Android Pit, Rabu (6/11/2019).

Sesuaikan Pengaturan Aplikasi untuk Mengurangi Penggunaan Data Facebook
Ini adalah langkah pertama yang harus dilakukan jika khawatir Facebook menggunakan terlalu banyak data. Berbagi video dan foto bisa menjadi salah satu penyebab utama data Anda terkuras.

Untuk menyiasati penggunaan data yang tidak perlu, Anda bisa pergi ke aplikasi Facebook. Tap humberger menu yang terletak di sebelah kanan dan scroll down ke App Settings.

Selanjutnya, tap App Settings dan Anda akan melihat list dari fitur toggle. Untoggle 'Upload photos in HD' dan 'Upload Videos in HD.'

Untuk disable fitur video memutar secara otomatis Facebook, tap di 'Auto-play.' Sekarang Anda bisa memilih saat dan bagaimana video sekarang auto-play di feed Facebook.

(Foto: Android Pit)

Tweak Pengaturan Data Usage Anda di Facebook
Facebook untuk Android juga mempunyai Data Saver mode bawaan. Mode ini secara otomatis mengurangi ukuran gambar dan menonaktifkan auto-play video. Pengaturan ini dapat dengan mudah diakses dengan cara yang sama seperti pengaturan aplikasi.

Pertama-tama, masuk terlebih dulu ke aplikasi Facebook. Tap, hamburger menu di sudut kanan dan scroll ke Settings & Privacy. Tap di Data Saver untuk menyelamatkan mobile data. Anda dapat mengaturnya untuk mati secara otomatis saat terhubung ke Wifi.

(Foto: Android Pit)

Facebook Lite
Jika Anda benar-benar ingin menghemat data coba gunakan Facebook Lite. Facebook Lite adalah aplikasi versi ringan yang dirancang untuk memberi orang pengalaman yang lebih baik dan cepat di jaringan seluler lambat.


Editor : Dini Listiyani