Waspada Phishing Berkedok Nominasi Film Terbaik Oscar

Dini Listiyani · Senin, 26 April 2021 - 13:05:00 WIB
Waspada Phishing Berkedok Nominasi Film Terbaik Oscar
Oscars 2021 (Foto: Capture Youtube Oscars)

JAKARTA, iNews.id - Academy Awards ke-93 atau yang dikenal Oscar 2021 akhirnya digelar. Akibat Covid-19, penyelenggaraan Oscar 2021 dilakukan dengan cara yang berbeda. 

Untuk pertama kalinya dalam sejarah penghargaan Oscar, acara akan diadakan tidak hanya di Amerika Serikat tapi juga di hub terbuka London dan Paris. Namun, para warganet perlu waspada karena ada penipu online memanfaatkan momentum ini. 

Penipu online memanfaatkan momentum ini untuk menjalankan aksinya dalam menyebarkan file berbahaya yang menyamar sebagai nominasi film terbaik. Pakar Kaspersky telah menemukan berbagai situs web phishing menawarkan penanyangan film nominasi Oscar secara gratis. 

Padahal tujuan mereka sebenarnya adalah mencuri kredensial pengguna. Dengan harapan bisa menonton nominasi Oscar, para pengguna diarahkan untuk mengunjungi situs palsu yang memperlihatkan beberapa menit pertama film sebelum akhirnya diminta untuk melakukan pendaftaran agar bisa melanjutkan menonton.

Saat melakukan pendaftaran, untuk memastikan wilayah tempat tinggal, korban diminta memasukkan detail kartu. Beberapa waktu kemudian, uang akan didebit dari kartu dan film tidak diputar kembali. 

Jenis phishing ini tersebar luas dan dianggap sebagai salah satu yang paling populer di kalangan para scammer. Di samping itu, para Kaspersky juga telah menganalisis file berbahaya di balik nominasi Oscar 2021. 

Hasilnya, peneliti menemukan sekitar 80 file yang menyamar sebagai film yang termasuk dalam nominasi film terbaik perhelatan Oscar 2021. Menganalisis malware yang terdeteksi salama setahun terakhir, para ahli menemukan hampir 70 persen file berbahaya menyamar sebagai tiga film yakni Promising Young Woman, Judas and the Black Messiah, dan Trial of the Chicago 7. 

Editor : Dini Listiyani

Halaman : 1 2