WhatsApp Uji Fitur Pencarian untuk Bantu Pengguna Perangi Berita Palsu

Dini Listiyani ยท Rabu, 25 Maret 2020 - 10:23 WIB
WhatsApp Uji Fitur Pencarian untuk Bantu Pengguna Perangi Berita Palsu

WhatsApp (Foto: Unsplash)

MENLO PARK, iNews.id - Pesan instan seperti WhatsApp rentan digunakan sebagai media penyebaran informasi yang tidak benar. Oleh karena itu, WhatsApp saat ini sedang mengembangkan fitur baru untuk memerangi penyebaran informasi salah dan fake news.

Menurut WABetaInfo, kode mengisyaratkan penambahan fitur potensial pertama kali muncul di aplikasi sekitar setahun lalu. Sejak itu ada perkembangan lebih lanjut dalam versi beta 2.20.94.

Dikutip dari Android Authority, Rabu (25/3/2020), fitur baru akan memungkinkan pengguna secara langsung mencari konten di dalam pesan yang diteruskan ke mereka di internet. Tujuannya untuk memeriksa kebenaran konten tersebut.

Aplikasi tampaknya akan menambahkan ikon pencarian di sebelah pesan-pesan ini. Kemudian, saat pengguna mengklik ikon, aplikasi akan menampilkan kotak dialog yang menanyakan apakah mereka ingin memeriksa konten melalui Google.

Jika pengguna mengetuk 'Cari Web', aplikasi akan menempelkan pesan secara keseluruhan di Google Search untuk membantu memverifikasi kredibilitas informasi yang tersebar. Meskipun fungsi ini bisa terlihat berbeda pada saat go public, perusahaan telah mengkonfirmasi akan merilis setidaknya sesuatu yang serupa di masa depan.

"Kami sedang mengerjakan fitur-fitur baru untuk membantu memberdayakan pengguna menemukan informasi lebih lanjut mengenai pesan yang mereka terima yang telah diteruskan berkali-kali. Fitur ini saat ini dalam pengujian dan kami berharap meluncurkannya dalam waktu dekat," kata juru bicara WhatsApp kepada Tech Crunch.

Dunia saat ini sedang berjuang melawan virus corona. Jadi, saat yang tepat bagi perusahaan milik Facebook untuk meluncurkan fitur semacam itu sekarang. Mengingat ada banyak informasi yang salah tentang virus Covid-19 yang beredar dan fungsi pencarian ini dapat membantu menyaringnya.

Editor : Dini Listiyani