YouTube Shorts Dapat Fitur Baru, Bisa Tampilkan Komentar Viewers

Dini Listiyani ยท Sabtu, 17 September 2022 - 13:07:00 WIB
YouTube Shorts Dapat Fitur Baru, Bisa Tampilkan Komentar Viewers
YouTube Shorts Dapat Fitur Baru, Bisa Tampilkan Komentar Viewers (Foto: YouTube Help/YouTube)

JAKARTA, iNews.id - YouTube Shorts menjadi jawaban situs berbagi video untuk TikTok. Kini, YouTube Shorts mendapatkan fitur baru, apa itu?

Pada Kamis, fitur baru diumumkan melalui update ke thread YouTube Help berjudul New Features and Update for Shorts Viewers & Creators. Pengumuman diunggap pengelola komunitas TeamYouTube. 

Menurut pengumuman tersebut, kreator YouTube di iOS sekarang dapat menampilkan komentar viewers di video Shorts mereka sebagai cara untuk membalas komentar tersebut, sebagaimana dikutip dari Digital Trends. 

Fitur ini terdengar familiar karena Anda mungkin pernah melihat fitur serupa di TikTok, yang memungkinkan pembuat membuat balasan video ke komentar viewers yang sering kali menyertakan stiker yang menampilkan komentar yang dibalas oleh pembuatnya. 

Seperti yang diperlihatkan dalam ilustrasi YouTube, platform berbagi video menambahkan fitur balasan video serupa ke Shorts. Fitur balasan video Shorts yang baru juga diharapkan berfungsi untuk komentar pemirsa di Shorts atau video.

Saat ini, fitur balasan video Shorts hanya tersedia di iOS dan akan terus diluncurkan ke semua pembuat iOS Shorts “dalam beberapa minggu mendatang.” Kreator yang menggunakan Android juga akan mendapatkan fitur tersebut tetapi pengumuman tersebut tidak menyebutkan kapan tepatnya itu akan terjadi, hanya saja peluncurannya sedang dipersiapkan.

Jika Anda seorang kreator yang menggunakan perangkat iOS, berikut ini cara mengakses fitur baru setelah tersedia untuk Anda menurut pengumuman YouTube:

Navigasikan ke halaman tonton salah satu video atau Shorts Anda, lalu pilih komentar yang ingin Anda balas, lalu pilih ikon Balas (yang terlihat seperti balon ucapan) pada komentar tersebut. Kemudian pilih ikon Create a Short, yang terlihat seperti garis berbentuk S yang berisi tombol putar dan ikon tanda plus.

Editor : Dini Listiyani

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda