Asteroid Seukuran Paus Biru Akan Melewati Bumi Besok

Dini Listiyani · Kamis, 11 Agustus 2022 - 10:11:00 WIB
Asteroid Seukuran Paus Biru Akan Melewati Bumi Besok
Asteroid Seukuran Paus Biru Akan Melewati Bumi Besok (Foto: NASA)

JAKARTA, iNews.id - Asteroid berbahaya seukuran paus biru akan melewati Bumi pada Jumat (12/8). Asteroid yang diberi nama 2015FF diperkirakan memiliki diameter antara 42 dan 92 kaki atau sekitar panjang tubuh paus biru dewasa (Balaenoptera musculus).

Asteroid akan meluncur melewati Bumi dengan kecepatan 20.512mph atau sekitar 33,012km/h. Pada pendekatan terdekatnya, asteroid yang bergerak dengan kecepatan sekitar 27 kali kecepatan suara akan berada dalam jarak sekitar 2,67 juta mil dari Bumi, sedikit lebih dari delapan kaki jarak rata-rata antara Bumi dan Bulan. 

NASA menandai setiap objek luar angkasa yang berada dalam jarak 120 juta mil dari Bumi sebagai near Earth Object (NEO) dan objek yang bergerak cepat dalam jarak 4,65 juta mil dikategorikan sebagai berpotensi berbahaya, sebagaimana dikutip dari Science Alert. 

Setelah objek ditandai, para astronom memantaunya dengan cermat, mencari penyimpangan dari lintasan yang diprediksi seperti pantulan tak terduga dari asteroid lain, yang dapat menempatkan mereka pada jalur tabrakan yang menghancurkan Bumi. 

NASA mengatahui lokasi dan orbit sekitar 28.000 asteroid yang dipetakannya dengan Asteroid Terrestrial-impact Last Alert System (ATLAS), susunan empat teleskop yang mampu melakukan pemindaian lengkap seluruh langit malam setiap 24 jam sekali, sebagaimana dikutip dari Live Science.

Editor : Dini Listiyani

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda