Bulan Jupiter Ini Diklaim sebagai Tempat Terbaik untuk Mencari Kehidupan Asing

Dini Listiyani ยท Kamis, 25 Juni 2020 - 20:15 WIB
Bulan Jupiter Ini Diklaim sebagai Tempat Terbaik untuk Mencari Kehidupan Asing

Bulan Jupiter Europa (Foto: NASA/Goddard)

CALIFORNIA, iNews.id - Peneliti NASA menyebutkan, pemodelan baru menunjukkan interior laut Europa bulan Jupiter dapat mendukung kehidupan. Memang sudah lama diduga perairan Europa, yang terletak di bawah cangkang es dan dipanaskan gerakan pasang surut atau elemen geologi bawah permukaan Bulan dapat dihuni.

Dalam penelitian terbaru ini, para ilmuwan dari Jet Propulsion Laboratory NASA menggunakan data dari misi Gelileo untuk memodelkan komposisi dan karakteristik fisik lainnya dari lapisan tersembunyi Europa, termasuk samudera di bawah permukaannya. Mereka menemukan perairan dunia mungkin tidak asam seperti yang diperkirakan sebelumnya.

"Simulasi kami, digabungkan dengan data dari Hubble Space Telescope, menunjukkan air kemungkinan besar menjadi kaya klorida. Dengan kata lain, komposisinya menjadi lebih seperti lautan di Bumi. Kami percaya lautan ini bisa sangat layak huni seumur hidup," kata pemimpin peneliti Mohit Melwani Daswani yang dikutip dari Cnet, Kamis (25/6/2020).

Europa bukan satu-satunya dunia basah dan liar di lingkungan sekitar planet gas raksasa. Setidaknya dua bulan utama Jupiter, Callisto dan Ganymede, memiliki lapisan lautan.

Bulan Saturnus Enceladus juga memiliki laut tersembunyi dan senyawa organik kompleks yang termasuk dalam blok bangunan kehidupan telah terdeteksi di perairannya.

"Tentu saja kimia yang menarik terjadi di dalam tubuh-tubuh ini. Tapi, aliran elektron yang andal dapat digunakan oleh kehidupan alien untuk menggerakkan dirinya sendiri di kedalaman yang dingin dan gelap.

Aspek kunci yang membuat dunia layak huni adalah kemampuan intrinsik untuk mempertahankan disequilibria kimia ini. Bisa dibilang, bulan es kekurangan kemampuan ini, sehingga perlu diuji pada misi ke Europa di masa depan.

Beruntung, misi semacam itu segera hadir. "Europa adalah salah satu peluang terbaik kami untuk menemukan kehidupan di tata surya. Misi Europa Clipper NASA akan diluncurkan dalam beberapa tahun ke depan, dan pekerjaan kami bertujuan untuk mempersiapkan misi, yang akan menyelidiki kelayakan Europa untuk dihuni," ujar Daswani.