Ilmuwan Temukan Lubang Selebar 500 Tahun Cahaya di Bima Sakti

Dini Listiyani ยท Minggu, 26 September 2021 - 06:19:00 WIB
Ilmuwan Temukan Lubang Selebar 500 Tahun Cahaya di Bima Sakti
Ilmuwan Temukan Lubang Sejauh 500 Tahun Cahaya di Bima Sakti (Foto: NASA/ESA/Hubble Heritage Team)

SAN FRANCISCO, iNews.id - Ilmuwan telah menemukan lubang raksasa yang meledak dari Bima Sakti. Mereka juga percaya supernova yang kuat 10 juta tahun lalu kemungkinan menjadi penyebabnya.

Celah atau rongga seperti yang digambarkan para astronom dijelaskan minggu ini dalam sebuah paper yang diterbitkan minggu ini di The Astrophysical Journal Letters sebagai kekosongan bola yang dipotong dari awan molekuler Perseus dan Taurus serta membentang hampir 500 tahun cahaya.

"Kami memiliki dua teori—salah satu supernova meledak di inti gelembung ini dan mendorong gas keluar membentuk apa yang sekarang kami sebut 'Kulit Super Perseus-Taurus, atau serangkaian supernova yang terjadi selama jutaan tahun menciptakannya dari waktu ke waktu. Ratusan bintang sedang terbentuk atau sudah ada di permukaan gelembung raksasa ini," tambah Bialy," kata penulis utama Shmuel Bialy, peneliti postdoctoral di Institute for Theory and Komputasi di Harvard's Center for Astrophysics (CfA).

Menariknya apa yang telah lama dianggap sebagai dua struktur independen, awan molekuler Perseus dan Taurus, yang terletak di wilayah langit yang ditandai oleh konstelasi Perseus dan Taurus, mungkin sebenarnya adalah satu dan sama seperti baru-baru ini 10 juta. tahun yang lalu, tetapi benar-benar terbelah dua oleh ledakan kosmik, sebagaimana dikutip dari Tech Radar.

Kekosongan itu ditemukan setelah para astronom membuat peta 3D dari wilayah ruang angkasa itu menggunakan data yang dikumpulkan dari Gaia, teleskop antariksa yang diluncurkan Badan Antariksa Eropa, untuk mempelajari dua awan molekuler untuk pertama kalinya di ruang tiga dimensi.

Sampai saat ini, awan molekuler hanya dapat dilihat dalam dua dimensi, membatasi apa yang dapat kita ketahui tentang posisi, ukuran, dan fitur lainnya.

"Kami dapat melihat awan ini selama beberapa dekade, tetapi kami tidak pernah tahu bentuk, kedalaman, atau ketebalannya yang sebenarnya. Kami juga tidak yakin seberapa jauh awan itu. Sekarang kita tahu di mana mereka berada dengan hanya 1 persen ketidakpastian, memungkinkan kita untuk melihat kekosongan di antara mereka," kata Catherine Zucker, peneliti pascadoktoral di CfA yang memimpin penelitian. studi terpisah di The Astrophysical Journal yang menggambarkan proses pemetaan 3D.

Halaman : 1 2