Indonesia Berisiko Rendah Terdampak Aktivitas Matahari, Begini Penjelasannya

Dini Listiyani ยท Senin, 15 Agustus 2022 - 13:09:00 WIB
Indonesia Berisiko Rendah Terdampak Aktivitas Matahari, Begini Penjelasannya
Indonesia Berisiko Rendah Terdampak Aktivitas Matahari (Foto: NASA)

JAKARTA, iNews.id - Sejumlah aktivitas Matahari terus terjadi bahkan hingga hari ini. Adakah dampak berbagai aktivitas Matahari bagi manusia yang ada di Bumi?

Peneliti Pusat Antariksa BRIN Johan Muhammad memaparkan Matahari sebagai sumber energi utama di Tata Surya memiliki pengaruh terhadap cuaca antariksa. Layaknya di Bumi, cuaca antariksa bersifat dinamis dan sangt bergantung pada aktivitas Matahari. 

"Cuaca antariksa adalah keadaan di lingkungan antariksa, khususnya antara Matahari dan Bumi, yang meliputi kondisi Matahari, medium antarplanet, atmosfer atas Bumi (ionosfer), dan selubung magnet Bumi (magnetosfer)," katanya. 

Untuk diketahui, Matahari secara rutin melepaskan energi dalam bentuk radiasi. Beberapa aktivitas Matahari yang berpengaruh besar terhadap kondisi cuaca antariksa di antaranya adalah flare, lontaran massa korona, dan angin surya. 

“Aktivitas Matahari secara langsung mengubah kerapatan dan tekanan plasma di medium antarplanet dan ionosfer, serta meningkatkan tekanan magnetik pada magnetosfer Bumi. Akibatnya, berbagai sinyal gelombang elektromagnetik yang biasa dimanfaatkan oleh manusia untuk keperluan komunikasi dan navigasi dapat terganggu saat terjadi aktivitas Matahari yang ekstrem,” lanjut Johan.

Editor : Dini Listiyani

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda