Misi Juice ESA Bersiap ke Jupiter, Lihat Bulan dari Dekat 

Dini Listiyani · Senin, 23 Mei 2022 - 11:02:00 WIB
Misi Juice ESA Bersiap ke Jupiter, Lihat Bulan dari Dekat 
Misi Juice ESA Bersiap ke Jupiter (Foto: ESA - European Space Agency)

JAKARTA, iNews.id - Pesawat luar angkasa Juice ESA sedang bersiap-siap untuk misinya ke Jupiter. Misi JUpiter ICy moons Explorer bertujuan untuk melihat dari dekat bulan-bulan Jupiter yang berpotensi menampung kehidupan. 

Pesawat luar angkasa baru-baru ini mencapai milestone yang terintegrasi penuh. Dengan semua hardware pesawat luar angkasa disatukan dan terintegrasi, pesawat itu sekarang sepenuhnya lengkap untuk pertama kalinya dan siap untuk pengujian. 

Itu telah dipindahkan ke fasilitas Airbus di Toulose, Prancis untuk pengujian akhir sebelum diluncurkan pada April 2023. 

“Milestone ini sangat penting karena di sini kami memiliki pesawat ruang angkasa: Terintegrasi dan siap,” kata Manuela Baroni, Juice AIT & Launcher Interface Engineer di ESA, dalam sebuah wawancara video. 

Menurut Manuela Baroni memiliki semua 10 instrumen yang dikirimkan dan di sana, semua unit platform ada di sana, antena semuanya ada di tempatnya. Jadi pesawat ruang angkasa siap untuk kampanye uji coba, untuk memverifikasi akhirnya semuanya berfungsi seperti yang diharapkan.

Misi Juice akan mengunjungi Jupiter serta bulan planet Callisto dan Ganymede. Bulan-bulan es ini adalah target utama dalam pencarian lokasi layak huni di tata surya di luar Bumi, karena dianggap menampung lautan di bawah permukaannya. 

Juice akan menyelidiki bulan-bulan ini secara lebih rinci untuk memahami kimia mereka dan apakah mereka berpotensi menjadi lingkungan yang dapat menampung kehidupan. “Kami memiliki beberapa persyaratan yang datang dari lingkungan Jupiter itu sendiri, seperti suhu dan radiasi,” kata Cyril Cavel, Manajer Proyek Juice, Airbus Defense & Space. 

Editor : Dini Listiyani

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: